Dinkes Kota Magelang Dapat Penghargaan BPOM Berkat Kolaborasi Efektif Dalam Uji Sampel

 Dinkes Kota Magelang Dapat Penghargaan BPOM Berkat Kolaborasi Efektif Dalam Uji Sampel

Berkat Kolaborasi Efektif: Dinkes Kota Magelang Terima Penghargaan dari BPOM-Burhan Sugiono-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang menerima penghargaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atas kerja sama yang baik dan kolaborasi yang efektif dalam pengiriman sampel kepada pihak ketiga.

Ini merupakan penghargaan pertama yang diterima oleh Dinkes Kota Magelang sebagai bentuk apresiasi karena pada tahun 2023 mereka telah mengirimkan 56 sampel pengujian makanan yang beredar di Kota Magelang.

Selain itu, secara acak dan melakukan 12 pengawasan iklan makanan produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinkes Kota Magelang, dr Istikomah, dalam rangka peringatan HUT ke-23 BPOM di halaman kantor BPOM Semarang, pada Jumat, 2 Februari 2024.

BACA JUGA:Dinkes Kota Magelang Larang Apotek Jual Obat Sirup

“Rasa syukur bahwa Kota Magelang telah mendapatkan penghargaan atas sinergitas dan kolaborasi dalam pengiriman sampel pihak ke-3. Penghargaan ini berkaitan dengan upaya keamanan pangan,” ujar Istikomah usai menerima penghargaan.

Di masa depan, harap Istikomah, pihaknya akan terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Kota Magelang sebagai Kota Aman Pangan.

Selanjutnya, dirinya akan melakukan pengujian sampel dan pengawasan iklan dengan menggunakan anggaran dari DAK Non Fisik Tahun 2023.

“Guna pelaksanaan tindak lanjut pengawasan terhadap produk PIRT yang beredar,” jelasnya.

BACA JUGA:Siap Tuntaskan Stunting, Dinkes Wonosobo Janjikan 1.301 Posyandu akan Terima Alat Kesehatan

Di samping itu, Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan pada Dinkes Kota Magelang, Mimin Triyanti mengungkapkan bahwa, anggaran dan penggunaan dana terdiri dari Pengawasan Sarana Industri Rumah Tangga Pangan sebanyak 70 sarana.

“Jumlahnya mencapai Rp 41,8 juta untuk 56 sampel dan pengujian makanan yang beredar,” katanya.

Selain itu, terdapat juga anggaran sebesar Rp 148 juta untuk Pengawasan Produk Pangan Industri Rumah Tangga Pangan, khususnya untuk Pengawasan Iklan PIRT sebanyak 12 iklan.

Dalam pengujian sampel pasca pasar, Dinkes Kota Magelang bekerja sama dengan Laboratorium Pengujian Balai BPOM Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres