Mutiara Cardinal Dampingi PB Djarum Kantongi Tiket Empat Besar Superliga Junior 2023

Mutiara Cardinal Dampingi PB Djarum Kantongi Tiket Empat Besar Superliga Junior 2023

Tunggal putri Vietnam, Trần Thị Ánh, pada laga terakhir penyisihan grup putra U17 Polytron Superliga Junior 2023 di GOR Djarum Magelang.-FOTO : DOKUMEN/ISTIMEWA-SUPERLIGA JUNIOR 2023

Wakil dari negara lain yang berhasil lolos di babak semi final adalah pemain U-17 Hong Kong China. Mereka memastikan diri sebagai runner-up Grup A berkat kemenangan 3-2 atas Banthongyord Thailand.

"Saya merasa senang. Tim saya sudah tiga tahun tidak bertanding karena pandemi Covid-19, jadi kami sangat bersyukur dapat bertanding di Indonesia, di Kota Magelang," kata pelatih Hong Kong China Junior Badminton, Kim Ng.

Lebih lanjut Kim menjelaskan, partisipasi pihaknya di ajang junior internasional bulutangkis ini juga sebagai bekal membangun semangat dan kekompakan.

"Ini adalah hal psikologis yang ingin kami tanamkan, guna memperkuat mental bertanding setiap atlet. Setelah itu, baru masalah teknis lainnya yang terkait pertandingan," jelasnya.

Tak hanya sektor U-17 putra, pada hari keempat Polytron Superliga Junior 2023 ini, empat klub U-19 putra dan empat klub U-19 putri juga memastikan diri berlaga di babak semifinal.

Pada sektor U-19 Putri, PB Djarum mengakhiri fase penyisihan sebagai juara Grup X setelah memenangkan laga penutup atas PB Jaya Raya dengan skor 5-0.

Sementara di grup Y, tim Vietnam secara mengejutkan berhasil keluar sebagai juara grup setelah mengalahkan PB Mutiara Cardinal dengan skor 3-2.

Dengan demikian, laga semi final yang berlangsung pada Jumat 12 Mei 2023 akan mempertemukan PB Djarum melawan Mutiara Cardinal serta Vietnam versus PB Jaya Raya.

Prestasi Vietnam yang sukses menjadi juara grup cukup mengejutkan karena skuad mereka hanya berisikan empat pemain. Nama-nama yang dikirim antara lain Lê Ngọc Vân, Trần Thị Ánh, Bùi Bích Phương, dan Huỳnh Khánh My.

Secara umum keempat pemain Vietnam ini  hanya memiliki jatah waktu istirahat sekitar 30 menit sebelum kembali ke arena pertandingan.

"Mencapai semifinal adalah sebuah hal yang di luar ekspektasi kami. Tapi jujur, saya belum bisa bicara banyak mengenai peluang ke final mengingat Indonesia memiliki tim yang sangat kuat," kata pelatih tim Vietnam, Khang Huynh.

Keseruan Polytron Superliga Junior 2023 masih akan berlanjut hingga babak final guna memperebutkan empat piala bergengsi yaitu Piala Liem Swie King (U-19 Putra), Piala Susy Susanty (U-19 Putri), Piala Hariyanto Arbi (U-17 Putra), Piala Yuni Kartika (U-17 Putri).

Selain itu, ratusan atlet junior tersebut juga akan bersaing untuk membawa pulang total hadiah lebih dari Rp1 miliar. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres