Kelenteng Liong Hok Bio Magelang Siap Sambut Kedatangan Biksu Thudong

Kelenteng Liong Hok Bio Magelang Siap Sambut Kedatangan Biksu Thudong

Klenteng Liong Hok Bio Kota Magelang-FOTO : HUNI WEJANG-MAGELANGEKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang, siap menyambut 32 biksu Thudong dari Thailand ke Candi Borobudur pada perayaan Waisak, Juni mendatang.

Thudong sendiri merupakan tradisi keagamaan umat budha, yang melakukan perjalanan ribuan kilometer dengan cara berjalan kaki.

BACA JUGA:Jelang Perayaan Waisak, Komunitas VW di Magelang Percantik Mobil Wisata

Ketua Yayasan Tri Bhakti TITD Liong Hok Bio, Paul Chandra Wesi Aji menuturkan, pihak klenteng siap menyambut kedatangan 32 biksu yang diperkirakan sampai di Magelang pada akhir bulan Mei mendatang.

“Mereka punya tekad untuk merayakan Waisak di Borobudur dengan berjalan kaki. Untuk menyambut mereka, kami mengadakan Pindapata, yang untuk pertama kalinya digelar setelah pandemi Covid-19," ujarnya saat ditemui di TITD Liong Hok Bio.

Para biksu ini akan singgah dan bermalam di klenteng sebelum akhirnya melanjutkan perjalan ke Candi Borobudur.

BACA JUGA:Update Terbaru Proses Pembangunan Jalan Tol Bawen-Magelang-Jogja

Untuk itu, saat ini pihak klenteng tengah melakukan berbagai persiapan sederhana.

"Pagi hari dari klenteng berjalan di jalan pemuda sampai ujung, dan putar balik ke klenteng lagi. Setelah makan akan lanjut ke Borobudur dimana nanti ada panitianya sendiri yang mengurus untuk keperluan bermalam di sana,” lanjutnya.

Ke-32 biksu nantinya akan bermalam di ruang kosong yang berada di atas klenteng. Ruangan tersebut memiliki kasur dan diketahui memiliki kapasitas sekitar 50 orang.

BACA JUGA:Jamin Keselamatan Tenaga Hukum, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Magelang Gandeng PERADI

Berdasarkan pernyataan Kemenparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, 32 biksu ditargetkan akan tiba di Candi Borobudur pada 2 Juni dan mengikuti perayaan Waisak pada 4 Juni.

Tidak ketinggalan, TITD Liong Hok Bio juga akan melakukan perayaan Waisak secara meriah yang diikuti majlis se-Magelang Raya.

"11 Juni nanti di klenteng akan menjadi perayaan Waisak yang pertama kalinya merupakan gabungan majlis yang ada di Magelang Raya,” tutur Paul Chandra. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres