Kemeriahan Waisak 2023, Ribuan Umat Buddha Padati Candi Borobudur

Kemeriahan Waisak 2023, Ribuan Umat Buddha Padati Candi Borobudur

Umat Buddha merayakan Waisak tahun 2023 di pelataran Candi Borobudur, Minggu 4 Juni 2023-FOTO : HUNI WEJANG/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Ribuan umat Buddha memadati pelataran Candi Borobudur dalam puncak peringatan detik-detik Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 pada Minggu, 4 Juni 2023 pagi.

Menjelang detik-detik Waisak, peringatan diawali dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali dilanjutkan dengan pemercikan air suci tepat pada pukul 10.41 WIB.

BACA JUGA:Sambutan Hangat Masyarakat Melihat Kirab Waisak dari Mendut Menuju Borobudur

Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, Zainut Tauhid Sa'adi yang hadir pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat Hari Raya Waisak 2567/2023 kepada seluruh umat Buddha di Indonesia.

"Dalam momen Waisak ini, kami ucapkan selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 tahun Budha 2023 Masehi. Semoga perayaan Tri Suci Waisak tahun 2023 akan membawa dampak positif baik intern umat Buddha sendiri maupun di lingkungan masyarakat Indonesia," katanya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa peringatan Tri Suci Waisak merupakan salah satu upaya peningkatan keyakinan umat Buddha, sehingga tidak terpengaruh oleh paham-paham negatif yang mengancam keagamaan di Indonesia.

"Marilah kita wujudkan kehidupan beragama yang lebih moderat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," lanjutnya.

BACA JUGA:Segini Harga Tiket Masuk Pelepasan Lampion Borobudur, Ternyata Bisa On The Spot Lho!

Zainut Tauhid berpesan, peringatan Hari Tri Suci Waisak merupakan sebuah momen yang harus digunakan untuk memperkokoh komitmen untuk menghormati makna hakiki hidup dan kehidupan.

"Pada peringatan ini, kami mengajak umat Buddha di seluruh Indonesia untuk berperan serta memberikan kontribusi mendukung program-program pemerintah. Yang paling utama saya pesankan adalah menjaga harmonisasi dan kerukunan baik intern umat budha, antar umat beragama dengan negara dan masyarakat luas sehingga akan terwujud kedamaian di Indonesia," imbuhnya.

BACA JUGA:Detik-detik Perayaan Trisuci Waisak di Candi Borobudur Magelang

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Waisak Nasional 2567 BE/2023, Karuna Murdaya menyampaikan, perayaan Waisak tahun ini bertemakan 'Aktualisasi Ajaran Buddha Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari, dengan Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa serta Perdamaian Dunia'.

"Salam Waisak dan salam bahagia bagi umat Buddha sekalian semua, bersyukur dapat berkumpul dan bersama-sama merayakan peringatan Waisak 2567 tahun 2023 di Candi Borobudur dalam keadaan sehat dan gembira," katanya.

BACA JUGA:Perayaan Waisak, Umat Buddha Jalan Kaki dari Mendut ke Borobudur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres