Melongok Hotel Van Laar Satlantas Polres Purworejo, Ringankan Beban Korban Lakalantas dengan Penginapan Gratis

Melongok Hotel Van Laar Satlantas Polres Purworejo, Ringankan Beban Korban Lakalantas dengan Penginapan Gratis

Hotel Van Laar pada awalnya memanfaatkan sebuah ruangan kosong bekas bangunan Belanda di kantor lama Unit Lakalantas di Jalan Jenderal Sudirman No 23 Purworejo (foto Dok Satlantas Polres Purworejo)--

TUBUH Zainal (29) lemas. Sorot matanya pendar membias remang cahaya lampu penerangan di pinggir Jalan Jogja-Purworejo, tepatnya Desa Cengkawakrejo Kecamatan Banyuurip.

Luka-luka yang dideritanya akibat kecelakaan lalu lintas tunggal memang tidak begitu parah. Hanya lecet-lecet pada bagian kaki dan tangan. Namun, pikirannya berkeliaran ke mana-mana. Pria itu bimbang harus bermalam di mana karena sepeda motornya rusak dan tak memungkinkan dikendarai menuju rumahnya di daerah Kabupaten Kebumen.

Beruntung, dari arah barat melaju sebuah mobil Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purworejo yang sedang berpatroli. Tanpa diminta, kendaraan itu menepi. Zainal sempat khawatir dihampiri 2 orang petugas. Apalagi, saat mereka menawari untuk ke kantor Satlantas.

Benaknya terlintas ia akan diperkarakan secara hokum akibat kesalahan tertentu. Namun, tidak lama berdialog dan melakukan pertolongan pertama dengan pengobatan ringan, Zainal langsung menerima tawaran itu. Sepeda motor matic-nya yang tak bisa jalan juga turut dibawa menggunakan kendaraan tipe pick up.

Setibanya di Kantor Unit Laka Satlantas, Zainal langsung disambut dengan segelas teh hangat dan sebotol air mineral. Seorang petugas lalu mengajaknya untuk memasuki sebuah ruangan ber-AC yang dilengkapi dengan tempat tidur, televisi, almari, sofa, dan kamar mandi. Serupa hotel berkelas.

Zainal yang sudah cukup mengantuk akibat perjalan jarak jauh dari Jogja mulai mampu bernapas lega. Apalagi setelah petugas memberi penjelasan bahwa ia bisa tinggal sementara di ruangan bernama “Hotel Van Laar” itu sehingga keluarganya tak perlu harus datang malam itu juga. Biayanya gratis.

“Saya sempat bingung harus menginap di mana karena sudah larut malam, uang saya juga pas mepet. Alhamdulillah saya diizinkan untuk menginap gratis di Hotel Van Laar. Tempatnya sangat nyaman dan fasilitas lengkap,” ujar Zainal.

Ya, Zainal menjadi salah satu korban kecelakaan yang teringankan bebannya berkat inovasi layanan dari Satlantas Polres Purworejo. Selain dirinya, ada puluhan orang korban kecelakaan atau keluarga korban yang juga mendapat fasilitas serupa.


Lokasi kedua Hotel Van Laar di Kantor Unit Lakalantas Jalan Jenderal Sudirman Nomor 06 Purworejo.--

Hotel Van Laar diprakarsai pada tahun 2017 oleh Baur SIM, Aiptu Tukul Puji Puriyono SH MH, yang kala itu menjabat Kanit Laka. Tujuan utamanya yakni meringankan beban korban atau keluarga korban Lakalantas, khususnya yang berasal atau berdomisili di luar kota. Di tengah musibah yang menimpanya, mereka tidak harus repot-repot mencari penginapan yang tentunya berbiaya.

Hotel Van Laar juga mempermudah dan mempercepat kerja penyidik Lakalantas untuk meminta keterangan saksi pada waktu kejadian dan saksi dari keluarga korban. Di luar itu juga mencegah korban atau keluarga korban bermalam di tempat ibadah untuk beristirahat.

“Saat itu kami bersama rekan-rekan di Satlantas berpikir bagaimana caranya meringankan beban korban kecelakaan agar tidak perlu mencari penginapan berbayar atau tidur di tempat ibadah. Akhirnya tercetuslah inovasi Hotel Van Laar yang didukung penuh oleh Kasat Lantas hingga Kapolres saat itu,” kata Aiptu Puji, Kamis 15 Juni 2023.

Nama “Van Laar” dipilih karena saat kali pertama diluncurkan pada 15 Juli 2017, Hotel Van Laar memanfaatkan sebuah ruangan kosong bekas bangunan Belanda di kantor lama Unit Lakalantas di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 23 Purworejo. Keberadaanya lalu dipindahkan untuk sementara ke Kantor Unit Lakalantas yang baru di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 06 Purworejo.

Kemudian sejak akhir Mei 2023 kemarin, Hotel Van Laar kembali dipindahkan ke  Kantor Unit Lakalantas yang baru, yakni di Jalan Buntu Kampung Plaosan Purworejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres