Melongok Hotel Van Laar Satlantas Polres Purworejo, Ringankan Beban Korban Lakalantas dengan Penginapan Gratis

Melongok Hotel Van Laar Satlantas Polres Purworejo, Ringankan Beban Korban Lakalantas dengan Penginapan Gratis

Hotel Van Laar pada awalnya memanfaatkan sebuah ruangan kosong bekas bangunan Belanda di kantor lama Unit Lakalantas di Jalan Jenderal Sudirman No 23 Purworejo (foto Dok Satlantas Polres Purworejo)--

“Seiring dengan adanya renovasi Kantor Satlantas, belum lama ini kita pindahkan lagi karena memang keberadaan Hotel Van Laar melekat langsung dengan Kantor Unit Lakalantas,” ungkap Kasat Lantas Polres Purworejo, AKP Andika Al Fatoni SIK.

Hotel Van Laar sampai saat ini masih tetap dipertahankan dengan berbagai macam inovasi dan penambahan fasilitas sehingga menciptakan suasana yang nyaman bagi keluarga korban Lakalantas. Di lokasi baru, ruangan Hotel Van Laar akan ditambah dengan fasilitas kamar mandi dalam.

“Ini masih kita renovasi. Rencananya akan ditambah fasilitas kamar mandi dalam dan beberapa fasilitas pendukung lain. Kalau di dua lokasi sebelumnya, kamar mandi masih di luar,” kata Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Purworejo, Iptu Eko Rosdiyanto, saat ditemui di lokasi baru Hotel Van Laar.

Konsep Hotel Van Laar memang sederhana, tetapi manfaat nyatanya banyak dirasakan masyarakat. Sebelum ada Hotel Van Laar, banyak keluarga korban Lakalantas beristirahat di tempat ibadah dan sekitar Kantor Unit Lakalantas Purworejo. Karena itu, tak heran jika apresiasi kerap berdatangan.

Bahkan, Hotel Van Laar pernah memenangkan Dedikasi Terbaik Police Award Polda Jateng Tahun 2018 kategori Inovasi Penanganan Lalu Lintas. Kemudian belum lama ini informasi menggembirakan diterima Polres Purworejo bahwa Hotel Van Laar Lolos seleksi administrasi dan masuk tahap berikutnya pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2023 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kondisi tersebut membuat para pejabat di Polres Purworejo terus berupaya menjaga keberlanjutan dan mengembangkan Hotel Van Laar. Bahkan, perhatian khusus diberikan oleh AKBP Viktor Ziluwu SH SIK MH yang baru menjabat sebagai Kapolres Purworejo sejak 2 Mei 2023.


Lokasi ketiga Hotel Van Laar di Kantor Unit Lakalantas yang baru direnovasi, yakni di Jalan Buntu Kampung Plaosan Purworejo--

Melihat kebermafaatan Hotel Van Laar, Kapolres berinisiatif untuk melakukan kerja sama terkait pengembangan Hotel Van Laar dengan sebuah hotel terkemuka. Secara khusus Kapolres telah berkomunikasi dengan pengelola hotel tersebut.

Saat dikonfirmasi melalui Kasi Humas, AKP Yuli Monasoni SH, Kapolres menegaskan bahwa Hotel Van Laar menjadi salah satu bentuk inovasi peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat yang harus terus ditingkatkan. Apalagi, inovasi yang menjadi satu-satunya di Indonesia tersebut sejalan dan mendukung salah satu program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atau dikenal dengan jargon Presisi,  yakni peningkatan kualitas pelayanan publik Polri.

“Polres Purworejo berkomiten untuk terus menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Adanya Hotel Van Laar sekaligus memacu anggota lain untuk menciptakan inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan perkembangan zaman,” tegasnya. (Eko Sutopo/Purworejo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres