Peran Krusial Desa Bangun dan Berdayakan Masyarakat

Peran Krusial Desa Bangun dan Berdayakan Masyarakat

Bupati Magelang Zaenal Arifin saat menghadiri acara Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Dukun.--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID  Kesuksesan sebuah otonomi daerah tak hanya dipegang oleh seorang Kepala Daerah.

Namun, para penggerak grass root (akar rumput) yang dikomandoi perangkat desa memiliki kiprah yang cukup penting.

Selaras dengan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 yang menjelaskan bahwa Perangkat Desa memiliki peran dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan Pancasila.

“Terbitanya UU tersebut sebenarnya sebagai pacuan untuk melangkah sehingga Pemerintah desa bisa memberikan pelayanan publik yang komprehensif,” terang Bupati Kabupaten Magelang, Zaenal Arifin pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Dukun di D'kaliurang Resort and Convention, Pakem, Sleman, Rabu, 14 Juni 2023

BACA JUGA:HUT Bhayangkara 2023, Polresta Magelang Buka Kompetisi Bola Voli

Dirinya menyampaikan, jejak awal ini akan memacu serta memicu Pemerintah Desa agar mampu mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Pusat sehingga bermuara pada konsekuensi dukungan alokasi anggaran.

Bupati Zaenal menyebut, Pemerintah Desa juga berkontribusi penuh dalam konteks pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Oleh karena itu, dibutuhkan kebersamaan, gotong royong, dari semua desa yang ada di Kabupaten Magelang apalagi Kabupaten Magelang memiliki mimpi besar dan tujuan yang besar untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tidak ada sebuah kesuksesan dalam desa yang bisa dilakukan sendiri, tapi kesuksesan itu terwujud karena dengan adanya kerjasama dan gorong royong bersama," katanya.

BACA JUGA:BP Jamsostek Magelang Berikan Santunan Ahli Waris Komisioner Bawaslu

Bupati Zaenal berpesan agar acara tersebut mampu memberikan pendalaman materi tentang bagaimana cara menggunakan anggaran yang baik dan desa bisa menjadi sandaran garda terdepan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta terus bisa melanjutkan pembangunan yang ada di Kabupaten Magelang.

Sementara, Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Dukun dan selaku Kepala Desa Kalibening, Nurbiyanto menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kehadiran Bupati Magelang yang sudah meluangkan waktunya sehingga bisa menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Se- Kecamatan Dukun ini.

"Dengan hadirnya Bapak Bupati Magelang nantinya bisa memberikan motivasi, arahan dan solusi yang bisa menciptakan disiplin pribadi dan kolektif bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Dukun," kata Nurbiyanto.

BACA JUGA:Siap-siap Petani se-Kabupaten Magelang Bakal Disensus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres