Benarkah Ukuran Nabi Adam AS Sama Dengan 15 Orang Saat Ini? Simak Faktanya!

Benarkah Ukuran Nabi Adam AS Sama Dengan 15 Orang Saat Ini? Simak Faktanya!

Ilustrasi tinggi Nabi Adam AS dibandingkan dengan postur tubuh manusia saat ini.-TANGKAPAN LAYAR-YOUTUBE

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Benarkah ukuran manusia pertama di bumi, Nabi Adam AS itu ukurannya 30 meter atau menyusut 15 kali dengan ukuran manusia modern saat ini? Pertanyaan itu mungkin terus terlintas di benak Anda.

Rupanya dari waktu ke waktu, menurut peneliti, sejatinya ukuran manusia mengalami evolusi penyusutan.

Beberapa riwayat merujuk bahwa ukuran manusia pertama di bumi, Nabi Adam AS sekitar 30 meter.

Hal ini dibuktikan dengan adanya jejak kaki Nabi Adam di Sri Lanka dan hadist Nabi Muhammad SAW.

Hadist yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, dikatakan bahwa Nabi Adam AS memiliki postur tinggi badan 60 hasta.

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq dari Ma'mar dari Hammam dari [Abu Hurairah] dari Nabi SAW beliau bersabda, "Telah Allah cipta Adam dengan semua ciri fisiknya, tingginya 60 hasta.

Kemudian (Allah) berfirman: Pergilah dan memberi salamlah kepada para malaikat itu, dan dengarkanlah mereka memberi hormat kepada engkau. Itulah kehormatan engkau dan keturunan engkau, lalu (Adam) mengucapkan ‘Assalamu ‘alaikum’, maka (para malaikat) mengucapkan ‘Assalamu alaika wa rahmatullah’, (para malaikat) menambahkan: ‘warahmatullah’, maka setiap orang yang masuk surga serupa dengan Adam dan manusia itu senantiasa bertambah kecil sampai sekarang”.

BACA JUGA:Nabi Adam Diturunkan Pertama Kalinya di Al Hind atau Nusantara? Simak Penjelasannya!

Hadist tersebut membuktikan bahwa tinggi Nabi Adam adalah 60 hasta atau sama dengan 60 kaki. Jika merujuk pada padanan ukuran, maka 60 kaki atau 30 meter adalah ukuran tinggi Nabi Adam AS.

Postur tubuh manusia pertama Nabi Adam AS yang berukuran raksasa ini diperkuat dengan ditemukannya sebuah tapak kaki di Sabaragamuwa, Sri Lanka.

Agama samawi percaya bahwa itu adalah telapak kaki Nabi Adam AS waktu pertama kali turun ke bumi dari surga.

Tempat itu kini dinamakan “Adam’s Peak” atau Puncak Adam. Puncak ini berada di pegunungan dengan ketinggian 2.243 meter di atas permukaan laut dan terdapat situs telapak kaki raksasa sebesar 5 kaki 11 inci atau sekitar 180 cm.

BACA JUGA:Lokasi Pengambilan Tanah Nabi Adam AS, Kaki dan Betis dari Tanah Nusantara?

Di Adam's Peak kini menjadi situs yang disucikan masyarakat setempat. Tak jarang jarang jadi tujuan para turis atau peziarah dari berbagai agama selama lebih dari 100 abad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: