7 Obat Herbal Menurunkan Tensi Secara Alami yang Paling Ampuh dan Cepat

7 Obat Herbal Menurunkan Tensi Secara Alami yang Paling Ampuh dan Cepat

7 Obat Herbal Menurunkan Tensi Secara Alami yang Paling Ampuh dan Cepat--

2. Daun Basil

Daun basil merupakan salah satu rempah yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menjaga tekanan darah normal pada pengidap hipertensi.

Kandungan eugenol di dalam ekstrak daun basil memblokir reaksi kalsium sehingga mampu memperlebar pembuluh darah.

3. Jahe

Selama ini jahe dikenal sebagai bumbu dapur yang dapat menghangatkan tubuh. Akan tetapi, ternyata jahe juga berkhasiat menjadi obat herbal hipertensi secara alami.

Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan senyawa dalam jahe mampu bertindak mirip obat darah tinggi, seperti calcium-channel blocker (CCB) dan ACE inhibitor.

Alhasil, orang yang mengonsumsi jahe secara rutin sebanyak 2-4 gram per hari umumnya punya risiko lebih rendah terkena penyakit tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Berapa Tekanan Darah Normal untuk Orang Dewasa? Ketahui Angka Ini Sebelum Periksa

4. Kayu Manis

Kayu manis sering dijadikan penyedap rasa masakan. Tapi perlu diketahui juga kalau kayu manis berkhasit untuk obat tradisional darah tinggi atau hipertensi.

Dilansir dari penelitian Nutrition (2011) bahwa kayu manis membantu menurunkan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik, pada orang dengan diabetes tipe 2.

5. Seledri

Kawanan jenis sayuran seledri juga memiliki khasiat sebagai obat darah tinggi alami. Sebab, seledri mengandung senyawa kimia yang disebut phthalide.

Perlu diketaui bahwa senyawa phthalide membantu melonggarkan jaringan pada dinding pembuluh arteri sehingga tekanan darah bisa menurun.

Selain itu, kandungan zat gizi penurun tekanan darah dalam seledri, seperti magnesium dan kalium, juga membantu dapat menjaga tekanan darah normal secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: