Satgas Kota Toleran Kota Magelang : Budaya Toleransi Sudah Mengakar

Satgas Kota Toleran Kota Magelang : Budaya Toleransi Sudah Mengakar

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menerima penghargaan IKT dari SETARA institute di mana Kota Magelang tahun ini menempati posisi 10 dari semua kota di Indonesia.-DOKUMEN-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Usai dibentuk, Satuan Tugas (Satgas) Kota Toleran Kota Magelang langsung tancap gas guna mewujudkan Indeks Kota Toleran (IKT) terbaik se-Indonesia pada tahun 2023 ini.

Ketua Satgas Kota Toleran Kota Magelang, Catur Adi Subagyo mengaku bahwa sebenarnya untuk mengembangkan toleransi di Kota Magelang bukan hal yang sukar.

Menurut dia, Kota Magelang sebagai kota dengan peradaban tertua, maka sikap toleransi terhadap perbedaan sudah biasa terjadi bahkan telah membudaya.

"Modal kita nenek moyang sudah mengajarkan toleransi yang sekarang tumbuh makin subur secara alami. Meski begitu, kami berharap para pemangku kepentingan tetap mengupayakan budaya toleransi ini," kata Catur Adi Subagyo, Kamis 10 Agustus 2023.

BACA JUGA:Ambisi Besar Pemkot Magelang Pertahankan Predikat Kota Toleransi

Ia merincikan ada empat variabel yang menentukan IKT. Selain regulasi dari Pemkot Magelang, juga harus ada tindakan dari pemerintah.

"Kemudian variabel selanjutnya adalah regulasi sosial dan demografi agama. Sepanjang empat-empatnya kita bagus, maka penilaian IKT pun akan bagus pula," jelas Catur.

Selain variabel, Catur menambahkan bahwa ada 8 poin indikator yang turut dijadikan evaluasi penentuan IKT. Ke-8 poin tersebut meluputi muatan Rencana Jangka Panjang Menengah Daerah (RPJMD), produk bukan pendukung, dan kebijakan anti diskriminatif.

"Pernyataan tentang toleransi juga memengaruhi, termasuk dinamika masyarakat sipil, heterogensi keagamaan penduduk, dan inklusi sosial keagamaan," imbuhnya.

BACA JUGA:Paling Toleransi di Indonesia, Kota Magelang Punya 108 Kampung Religi

Sebelumnya, Kota Magelang kembali dinobatkan sebagai salah satu Kota Toleran di Indonesia tahun 2023. Hal itu setelah SETARA Institute merilis Indeks Kota Toleran (IKT) 2022.

Ada 10 kota yang meraih skor toleransi paling tinggi dari 94 kota yang menjadi objek kajian di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Modal Kuat Toleransi Adalah Warisan Nenek Moyang yang Masih Membudaya di Kota Magelang

Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 sendiri merupakan laporan keenam SETARA Institute yang telah digelar sejak tahun 2015, 2017, 2018, 2020, dan 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres