MIRIS! Di Kota Magelang Ada Oknum Masyarakat Buang Sampah Sembarangan Bikin Kali Bening Butek

MIRIS! Di Kota Magelang Ada Oknum Masyarakat Buang Sampah Sembarangan Bikin Kali Bening Butek

Kondisi Kali Bening di Secang Magelang terlihat dipenuhi sampah di setiap sudut akibat ulah oknum warga yang membuang sampah di aliran hulu sungai.-HENDRI SAPUTRA-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES -- Beberapa oknum masyarakat membuang sampah sembarangan di aliran Kali Bening Kota Magelang. Hal itu tentu saja membuat teknis irigasi di pusat kota tampak banyak sampah.

Beberapa sampah seperti bekas pampers bayi, wadah detergen, bekas makanan, sterofom serta sampah plastik rumah tangga lainnya.

Pemandangan paling mencolok terjadi Kali Bening, Dusun Kali Bening, Kelurahan Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Seperti yang terlihat saat wartawan Magelang Ekspres mendatanginya, Rabu 23 Agustus 2023. Tampak tumpukan sampah berserakan di area sungai.

Salah satu warga berinisial NL (36) yang merupakan warga setempat menjelaskan bahwa yang membuang sampah disitu merupakan oknum warga setempat yang dengan sengaja membuang sampah di area sungai.

Padahal sudah jelas-jelas di kawasan sungai terpampang tanda larangan buang sampah di sungai. Tapi tetap saja, seakan peringatan itu tidak pernah digubris.

Diketahui bahwa oknum warga tersebut telah membuang sampah di sungai tidak hanya sekali atau dua kali. Warga mengaku ada yang sering melakukannya setiap hari.

"Sebenarnya saya dulu pernah menegur salah satu oknum tersebut, tapi mereka balik lagi dan membuang sampah tersebut lagi di situ," terang NL.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Komunitas Dieng Bersih Cuma Sisir 20 Meter Sungai Ngebrok Wonosobo Dapat Sampah 1,6 Ton

Terkait hal tersebut NL juga menerangkan bahwa masyarakat di sekitar Kali Bening beberapa sudah memakai jasa angkut sampah yang telah disediakan Pemkab Magelang.

"Itu oknum Mas, di sini sudah banyak warga yang makai jasa angkut sampah, kemungkinan itu orang tersebut tidak mau susah untuk membayar jasa angkut sampah. Jadi langsung buang di sungai," tambah NL.

Perlu diketahui juga bahwa aliran sungai yang menjadi tempat buang sampah sembarangan tersebut merupakan aliran Kali Bening yang terkenal dengan kebersihannya.

BACA JUGA:Meski Sudah Overload, TPSA Kota Magelang Dipaksa Tampung Berton-ton Sampah Setiap Hari

Padahal Kali Bening yang merupakan teknis irigasi yang dibangun di zaman kolonial Belanda itu terkenal bersih. Aliran kali kecil ini berhilir di Sungai Progo.

"Memang di sini belum ada tempat untuk penampungan sampah. Jadi kalau tidak dibakar ya kita memakai jasa angkut sampah yang telah disediakan pemerintah” ujar NL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres