Panen Raya, Ribuan Petani Temanggung Gelar Syukuran

Panen Raya, Ribuan Petani Temanggung Gelar Syukuran

GUNUNGAN. Ribuan petani tembakau dan kopi di Temanggung tumpah ruah di alun-alun Minggu 26 Agustus 2023.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANG EKSPRES - Panen raya menjadi salah satu waktu yang sangat ditunggu - tunggu petani, harga jual terbaik tentunya menjadi harapan terbesar bagi petani saat mulai menuai hasil dari jerih payahnya selama berbulan-bulan.

Tumpahan harapan tersebut tidak hanya bagi petani tembakau saja, namun bagi semua petani di Kabupaten Temanggung, tidak terkecuali petani kopi dan petani sayuran serta hortikultura lainnya.

Oleh karena itu semua petani dari segala penjuru di Kabupaten Temanggung tumpah ruah di alun-alun kabupaten setempat, mulai dari petani tembakau dari lereng gunung Prau, Sindoro hingga Sumbing yang notabenenya adalah petani tembakau.

BACA JUGA:Konsumsi Sabu, Dua Juru Parkir Embung Bansari Diamankan Satres Narkoba Polres Temanggung

Dan dari ujung Utara Temanggung seperti kecamatan Bejen, Candiroto, Kaloran, Kandangan Pringsurat Daan sejumlah daerah lainnya yang merupakan penghasil kopi terbaik dunia.

"Alhamdulillah tahun ini menjadi tahun terbaik untuk panen kopi, meskipun hasil panen berkurang namun harga kopi sangat bagus,"ungkap Sudiro salah satu petani kopi asal Kecamatan Kandangan.

Menurutnya, sejak dirinya bercocok tanam kopi hingga saat ini, harga jual kopi tahun ini merupakan penjualan kopi terbaik sepanjang masa, harga jualnya mencapai Rp43.000 per kilogram untuk kopi asalan, sedangkan kopi dengan kualitas terbaik bisa lebih dari Rp50.000 per kg.

"Tahun sebelumnya harga kopi asalan paling mahal Rp23.000 per kg, sedangkan kualitas petik merah bisa sampai Rp30.000 per kg, naiknya hampir dua kali lipat,"tuturnya.

BACA JUGA:DCS Bacaleg DPRD Temanggung Sudah Diumumkan, KPU: Masyarakat Boleh Menanggapi

Harga terbaik kopi ini bisa menular ke tembakau, sehingga petani tembakau bisa menikmati panen raya dengan harga terbaik, setelah kurang lebih 4 musim harga jual tembakau selalu jauh dari harapan petani.

"Semoga saja panen raya tahun ini perwypabrikan bis membeli tembakau dengan harga terbaik, petani tidak rugi terus,"harap Surahman salah satu petani tembakau asal Kecamatan Ngadirejo.

Ia berharap, harga jual tembakau tahun ini jauh lebih baik dibandingkan dengan harga tembakau tahun-tahun sebelumnya, karena cuaca saat ini sangat mendukung untuk panen raya.

Apalagi katanya, tanaman tembakau saat ini tidak terlalu banyak, sedangkan kualitas tembakaunya bisa dipastikan lebih baik dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Kondisi Alun-Alun Temanggung Mirip Kuburan Tengah Kota Tuai Beragam Komentar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres