Musim Hujan di Jawa Tengah Diprediksi Masih Akhir November, BMKG Imbau Waspada Kekeringan

Musim Hujan di Jawa Tengah Diprediksi Masih Akhir November, BMKG Imbau Waspada Kekeringan

Ilustrasi prakiraan cuaca musim hujan wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya tahun 2023-Oleksandr Filon -Getty Images

MAGELANG EKSPRES - Wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya diprediksi memasuki awal musim hujan pada November 2023. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan, awal musim hujan yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia tidak berbarengan.

Dilansir dari laman BMKG, Kepala BMKG Dwikorita mengatakan, akhir kemarau dan awal musim hujan tahun 2023 di Indonesia akan berbeda waktu dengan daerah lainnya.

Namun wilayah Jawa Tengah diprediksi akan mulai hujan ringan pada Oktober 2023 dan hujan dengan intensitas tinggi pada November 2023.

Musim hujan di Jawa Tengah berkaitan dengan peralihan angin timuran atau angin dari Benua Australia. angin ini biasa disebut dengan Monsun Australia yang akan beralib menjadi angin barat atau Monsun Asia.

Angin Monsun Asia ini akan membawa uap-uap air dari Samudera Pasifik di sekitar Benua Asia. Disinyalir uap dari Samudera Pasifik akan menjadikan timbulan awan gelap sehingga hujan akan turun dalam intensitas tinggi.

BACA JUGA:Pelaku Menyalakan Flare Hingga Menyebabkan Kebakaran di Gunung Bromo Diperiksa Polisi

Dengan begitu, Dwikorita memprediksi bahwa usia musim kemarau pada tahun 2023 ini cenderung melambat dibanding tahun 2022 lalu.

Apalagi angin timuran dari Australia masih terlihat sangat aktif hingga akhir November 2023 mendatang sehingga musim Hujan di Jawa Tengah agaknya akan mundur beberapa bulan dari musim-musim sebelumnhya.

Intensitas hujan tinggi diprediksi baru akan terjadi pada Desember 2023 mendatang. Meskipun di bulan November juga akan terjadi awal hujan, tetapi masih dalam intensitas sedang.

Hal ini terjadi karena angin barat dari Benua Asia diprediksi melambat datang. Angin Benua Asia ini lah yang biasa menyebabkan intensitas hujan di tanah air tinggi.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Adik Bupati Muratara Dibunuh, Massa Beri Aksi Balas Dendam Bakar Rumah 2 Pelaku

Walau demikian, pada November nanti tetap akan turun hujan meski tidak merata. Kadang hanya selisih beberapa kilometer sudah terjadi perbedaan cuaca seperti musim hujan di Jawa Tengah.

Secara umum di semua wilayah Indonesia akan memasuki musim hujan pada November 2023. Meski tidak menutup kemungkinan di wilayah Indonesia bagian barat akan memasuki musim hujan lebih awal.

BMKG merilis bahwa zona musim sudah memasuki musim hujan pada September 2023 meliputi sebagian besar Aceh, sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Provinsi Kepri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg