Laki-laki Dilarang Pakai Cincin Emas, Ustadz Syafiq Riza Basalamah : Ibarat Meletakkan Bara Api di Tanganya

Laki-laki Dilarang Pakai Cincin Emas, Ustadz Syafiq Riza Basalamah : Ibarat Meletakkan Bara Api di Tanganya

Laki-laki Dilarang Pakai Cincin Emas, Ustadz Syafiq Riza Basalamah : Ibarat Meletakkan Bara Api di Tanganya--

MAGELANG EKSPRES - Islam tidak melarang laki-laki membeli atau memiliki perhiasan emas namun Islam melarang laki-laki memakai perhiasan emas, seperti memakai cincin, gelang dan kalung emas.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam mengingkari kemungkaran seorang sahabat yang memakai cincin emas. Bahkan Rasulullah ketika melihat ada sahabat yang memakai cincin emas maka beliau langsung melepas dan membuangnya.

BACA JUGA:Shalat Rebo Wekasan Tak Pernah Diajarkan Rasulullah, Ini Nasehat Ustadz Firanda Andirja

Ustadz Syafiq Riza Basalamah dalam kajian Grup Islam Sunnah (GIS)  menyebutkan hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhuma :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ رَأَى خَاتَمًا مِنْ ذَهَبٍ فِي يَدِ رَجُلٍ ؛ فَنَزَعَهُ ، فَطَرَحَهُ ، وَقَالَ : ❲ يَعْمِدُ أَحَدُكُمْ إِلَى جَمْرَةٍ مِنْ نَارٍ فَيَجْعَلُهَا فِي يَدِهِ ؟! ❳ ، فَقِيْلَ لِلرَّجُلِ - بَعْدَ مَا ذَهَبَ رَسُولُ اللهِ ﷺ - : خُذْ خَاتِمَكَ انْتَفِعْ بِهِ ، قَالَ : لَا وَاللهِ ؛ لَا آخُذُهُ أَبَدًا وَقَدْ طَرَحَهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ ! ❊ رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam melihat cincin emas di tangan seorang laki-laki, lantas Beliau pun melepaskan cincin itu dan melemparnya seraya bersabda,

"Salah seorang di antara kalian sengaja mengambil dan meletakkan bara api neraka di tangannya." Kemudian Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam pergi, dan kepada orang itu dikatakan, "Ambillah kembali cincinmu dan manfaatkanlah ia." Namun orang itu menjawab, "Tidak, demi Allah, aku tidak akan mengambil selama-lamanya, karena Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam telah melemparnya." (HR. Muslim)

Menurut Ustadz Syafiq, barang siapa yang melihat kemungkaran, maka dia harus merubahnya. Dengan apa? Kata Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bisa dengan tanganya.

BACA JUGA:Istibtha', Penyakit Ingin Cepat Kaya yang Perlu Diwaspadai, Kata Ustadz Amni Nur Baits

Kalau tidak mampu dengan tangannya, maka dengan lisannya. Tidak mampu dengan lisannya, maka dengan hati.

Siapa yang mampu dengan tangannya? Biasanya yang mampu dengan tangan adalah seorang penguasa. "Seorang yang memiliki kekuasaan, baik kekuasaan itu hanya kekuasaan di lingkungan kerja dia, atau kekuasaan yang umum, atau dia sebagai seorang tua yang punya kekuasaan atas anak, atas keluarganya," ungkapnya.

Ustadz Syafiq menjelaskan dalam hadist tersebut Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu menceritakan, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam melihat sebuah kemungkaran. Yakni ada cincin emas di tangan seorang sahabat.

Disebutkan Ustadz Syafiq, emas itu indah, tapi laki-laki tidak pantas mengenakannya. Berikan kepada istrimu. Itu perhiasan untuk wanita, haram bagi laki-laki menggunakan emas. "Ada yang pakai kalung emas, ada yang pakai cincin emas. Kalau dia orang kafir, ya wajar buat dia. Tapi buat muslim enggak boleh! Engkau ingin berhias, ada yang diperbolehkan, pakai perak."

BACA JUGA:Amalan Ringan, hanya Menggerakan Lisan dan Bibir, Inilah 9 Keutamaan Istighfar Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: