4 Fakta Es Dawet 'Jembut Kecabut' Khas Purworejo yang Sempat Viral

4 Fakta Es Dawet 'Jembut Kecabut' Khas Purworejo yang Sempat Viral

dawet jembatan butuh khas purworejo-Dokumen Pribadi-Andriyanzah

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES -- Mencoba segarnya Es Dawet Jembut Kecabut khas Purworejo yang sempat viral beberapa waktu lalu karena namanya yang nyeleneh.

Di Purworejo, ada satu minuman dawet yang menyegarkan. Namun, kali ini dawetnya agak sedikit berbeda. Dawet 'Jembut Kecabut'. Ya, dawet ini memiliki nama yang cukup unik dan agak sedikit menggelikan ketika kamu pertama kali mendengarnya.

Dawet Jembut Kecabut sendiri merupakan es dawet ireng (hitam) khas Purworejo. Dawet ini memiliki sejarah panjang menjadi minuman favorit dan legendaris masyarakat Purworejo.

Fakta Dawet Khas Purworejo

1. Nama unik Es Dawet 'Jembut Kecabut'

BACA JUGA:Depot Es Semanggi Kuliner Legendaris di Kota Magelang yang Dijamin Bikin Kangen

Nama Dawet 'Jembut Kecabut' artinya dalam bahasa Jawa (bulu kemaluan yang dicabut) ternyata bukan datang dari rasa, tekstur, atau bentuk dari dawet. 

Nama ini ternyata diambil dari lokasi berjualan dawet yang berada di timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh. Kemudian, munculah singkatan dari Es Dawet 'Jembut Kecabut' yang kemudian viral dan menarik perhatian banyak orang.

BACA JUGA:Terlihat Mirip Ini Dia Perbedaan Kupat Tahu dan Tahu Gimbal, Kuliner Khas Magelang dan Semarang!

2. Sejarah Dawet 'Jembut Kecabut'

Dawet ireng khas Purworejo ini pertama kali dirintis oleh Mbah Ahmad pada tahun 1950. Saat ini, usaha dawet legendaris ini diteruskan oleh putranya yang bernama Pak Wagiman. Dawet ini kemudian menjadi viral hingga menjadi kuliner khas Purworejo.

Lokasi berjualan dawet yang stratergis membuat masyarakat yang ingin merasakan langsung sensasi segar kuliner ini mudah menemukannya.

3. Dibuat dengan cara tradisional

BACA JUGA:5 Kuliner Terpopuler di Magelang, No 1 Pernah Dikunjungi Mantan Presiden RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: