Meriahnya Grebeg Gunungan Kantil Pada Perayaan Milad Komunitas Malangganten Kota Magelang

Meriahnya Grebeg Gunungan Kantil Pada Perayaan Milad Komunitas Malangganten Kota Magelang

Prosesi Rebutan Gunungan Kantil Pada Milad Komunitas Malanggati ke-11, Minggu 16 Oktober 2023-HUNI WEJANG-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Puluhan warga Kampung Malanggaten, Kelurahan Rejowinangun Utara, Kota Magelang antusias berebut Gunungan Kantil dalam rangka Milad Komunitas Malanggati di halaman SD Islam Al Iman, Minggu 15 Oktober 2023 pagi. 

"Kegiatan ini digelar dalam rangka Milad Komunitas Malanggati ke-11, yang mana telah dilaksanakan sejak Jumat dan Sabtu kemarin," ujar ketua panitia Milad Malanggati 11, Santo. 

Sebelum grebeg, Santo menjelaskan, terdapat beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, seperti pengambilan air di lima sumber mata air kampung Malanggaten, pengajian.

BACA JUGA:Ribuan Pesepeda Gowes Bareng Meriahkan HUT TNI ke-78 di Magelang

Tak ketinggalan juga, lomba menggambar mewarnai untuk TK/SD, berbagai hiburan kesenian dan juga kirab gunungan sebelum diperebutkan oleh warga masyarakat. 

"Ini tadi acara muter gunungan dikampung Malanggaten dan kembali lagi kesini, nanti masih ada 5 kesenian yang tampil. Untuk malamnya juga ada wayang bocah sebagai puncak acara," lanjutnya. 

Adapun gunungan yang berisi makanan ringan tersebut berasal dari swadaya warga masyarakat untuk kemudian kembali diperebutkan oleh warga. 

BACA JUGA:Kedua Kalinya, Untidar Magelang Raih Penghargaan ‘Perguruan Tinggi Terbaik’ JDIHN

"Iuran dari warga dan kembali ke warga, dengan tujuan untuk merekatkan persaudaraan antar warga sekaligus melestarikan budaya," katanya. 

BACA JUGA:KNPI Kota Magelang Studi Banding ke Bandung, Berkeinginan Gali Potensi Pemuda

Ia berharap, kegiatan ini akan terus dilaksanakan terutama pada kalangan muda, sebagai generasi penerus di masa yang akan datang. 

"Harapannya lebih maju, lebih kompak dan lebih berbudaya," tutupnya. (Mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres