7 Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

7 Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

7 Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Kesehatan Tubuh-Indah Cahyasari-Canva

Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang kaya serat yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet sehat Anda: 

  • Buah-buahan: Buah-buahan seperti apel, pisang, dan jeruk mengandung serat yang tinggi. Selain itu, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.
  • Sayuran: Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kubis juga merupakan sumber serat yang baik. Selain itu, sayuran juga rendah kalori sehingga cocok untuk diet.
  • Sereal dari bahan gandum: Sereal gandum utuh seperti oatmeal, roti gandum, dan sereal gandum dapat menjadi pilihan yang baik untuk sarapan. Sereal ini mengandung serat yang tinggi dan memberikan energi yang tahan lama.
  • Biji dan kacang-kacangan: Biji-bijian seperti chia seed, biji rami, dan kacang-kacangan seperti almond dan kacang merah juga mengandung serat yang tinggi. Anda dapat menambahkan biji dan kacang-kacangan ini ke dalam salad atau sebagai camilan sehat. 

BACA JUGA:Aneh! Pantai di Gunungkidul Diselimuti Kabut Tebal dan Suhu yang Dingin, Ini Penjelasan BMKG

6. Rutinitas Latihan untuk Meningkatkan Metabolisme

Selain mengontrol asupan makanan, rutinitas latihan juga penting untuk mendukung proses penurunan berat badan. Beberapa latihan yang bisa Anda lakukan seperti latihan Kardio dan latihan untuk membentuk otot.

Latihan kekuatan, seperti angkat beban atau yoga, membantu memperkuat otot dan meningkatkan massa otot Anda. Hal ini membantu Anda membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Konsumsi Pisang Kepok Rebus yang Jarang Diketahui!

7. Atur Waktu Tidur dengan Baik

Kualitas tidur yang baik memiliki peran penting dalam mengatur nafsu makan seseorang. Dengan tidur yang cukup, neurotransmitter bernama ghrelin dan leptin akan bekerja dengan lebih baik dalam memberikan sinyal asupan kalori dalam tubuh.

Jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, kadar kedua neurotransmitter ini akan seimbang sehingga dapat mengurangi bahkan menghilangkan keinginan untuk makan di malam hari.

Jadi, jangan remehkan pentingnya atur waktu tidur dengan baik untuk mendukung keberhasilan program diet Anda.

Dengan mengikuti tips diet sehat ini, Anda dapat mencapai berat badan ideal serta mempertahankan kesehatan tubuh dengan baik. Selamat Mencoba! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: