7 Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

7 Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

7 Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Kesehatan Tubuh-Indah Cahyasari-Canva

MAGELANGEKSPRES -- Berat badan yang berlebihan dapat membuat penampilan kurang menarik dan berdampak negatif pada kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan diet dengan menurunkan berat badan.

Meskipun istilah diet sudah sangat familiar, namun perlu diingat bahwa setiap individu memiliki kebutuhan tubuh yang berbeda.

Tidak semua metode diet sehat atau cocok untuk semua orang. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi tubuh agar diet yang dilakukan aman dan efektif.

Lalu, apa saja tips diet yang aman untuk menurunkan berat badan? Berikut beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mendapatkan berat badan ideal.

BACA JUGA:7 Makanan yang Cocok Untuk Diet, Bisa Dicoba

1. Mengukur Body Mass Index (BMI) 

Langkah pertama dalam program diet untuk menurunkan berat badan adalah mengukur body mass index atau indeks massa tubuh.

Tahapan ini memberikan informasi penting tentang berat badan dan status nutrisi seseorang, apakah sudah ideal, kurang, atau berlebih.

Jika hasil perhitungan BMI menunjukkan bahwa seseorang memiliki berat badan berlebih, maka diperlukan penurunan berat badan melalui program diet yang disesuaikan.

Sebagai contoh, bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan (overweight), disarankan untuk menurunkan 5 hingga 10 persen dari berat badan awal.

Indeks massa tubuh ini menjadi panduan untuk merencanakan pola makan yang tepat guna mencapai berat badan ideal.

BACA JUGA:Mau Diet Sehat Anda Berhasil, Konsumsi Macam-Macam Sayur dan Buah Ini!

2. Minum Air Putih Secara Teratur

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik adalah kunci dalam menjaga kesehatan dan mendukung proses diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: