Unimma Gandeng Sriboga Ajak 200 UMKM Magelang Naik Kelas

Unimma Gandeng Sriboga Ajak 200 UMKM Magelang Naik Kelas

SEMINAR. Sebanyak 200 UMKM Magelang mengikuti sharing bisnis, Rabu, 25 Oktober 2023 di Aula Unimma.--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Mulai tergerusnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) oleh industri-industri besar membuat keprihatinan bagi sejumlah pihak.

Salah satunya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma).

Unimma menggandeng PT Sriboga Flour Mill mengadakan seminar dan Baking Demo “Sharing Bisnis UMKM”, Rabu, 25 Oktober 2023 di Aula Unimma. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas produk UMKM agar naik kelas. Sebanyak 200 UMKM diundang ke acara tersebut.

BACA JUGA:Mahasiswa PKM UNIMMA Ajak Ratusan Siswa SD Datangi Markas Damkar Kabupaten Magelang

Dr Rochiyati Murniningsih, Dekan FEB Unimma mengatakan, seminar mengajak 200 UMKM mitra FEB untuk hadir dan lebih mengembangkan usahanya. UMKM yang banyak mendukung tenaga kerja ini, perlu didukung untuk meningkatkan produknya agar lebih diterima di masyarakat.

Sejalan dengan komitmen bersama dalam program pemberdayaan UMKM dan program pengabdian masyarakat.

"UMKM menjadi prioritas utama kami di FEB. Apalagi bisnis kuliner ini bergerak terus di area kami. Kegiatan ini merupakan inisiatif bersama nantinya dapat mengasah kemampuan Unimma. Selain itu, dapat mengembangkan potensi yang ada dan menciptakan sistem informasi yang efektif serta menerapkan inovasi dan keilmuan bagi kepentingan masyarakat."katanya.

Rike Sundari, selaku GM Commercial PT Sriboga Flour Mill menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu Komitmen PT Sriboga Flour Mill melalui Divisi Pemberdayaan UMKM menjalin kemitraan dengan instansi dan lembaga, baik dari pemerintah maupun swasta dalam memberikan edukasi dan pemberdayaan kepada mitra UMKM.

BACA JUGA:BPKH Beri Bantuan Ambulans untuk Klinik Pratama Unimma

Hal itu agar mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan bisnisnya, baik dari sisi inovasi produk, manajemen bisnis, manajemen pemasaran maupun skill lainnya.

"Kegiatan ini sudah berjalan 2 tahun. Sudah ada 15 Perguruan tinggi yang diajak kerjasama," katanya.

Kegiatan ini bentuk dukungan agar UMKM dapat meningkatkan produknya di pasaran. Apalagi sekarang muncul perusahaan-perusahaan besar yang terus menggerus UMKM.

"Saat ini UMKM tergerus industri-industri besar, menyebabkan kami ingin melakukan sesuatu agar UMKM lebih maju," katanya.

Dikatakan Rike, selain pelatihan dan seminar juga akan melakukan pendampingan kepada UMKM. Mereka akan dibentuk komunitas sesuai produk yang dihasilkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres