Full Senyum! Pedagang di Gunung Tidar Bakal Segera Ditata Pemkot Magelang

Full Senyum! Pedagang di Gunung Tidar Bakal Segera Ditata Pemkot Magelang

Pedagang kawasan Kebun Raya Gunung Tidar full senyum menyikapi rencana penataan pedagang oleh Pemkot Magelang dalam waktu dekat--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Puluhan pedagang yang telah menempati bertahun-tahun di kompleks Kebun Raya Gunung Tidar bakal ditata. Penataan itu terkemuka saat dialog antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama para pedagang, Selasa 31 Oktober 2023.

Kepala DLH Kota Magelang, M Yunus mengatakan, penataan pedagang juga bagian dalam rangka mewujudkan kawasan Kebun Raya Gunung Tidar sebagai destinasi wisata sekaligus sarana edukasi dan ekonomi masyarakat.

DLH membuka dialog antara pedagang Kebun Raya Gunung Tidar dengan Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang di Aula UPT Kebun Raya Gunung Tidar.

"Kegiatan ini adalah dialog Pak Wali dengan penyangga Kebun Raya Gunung Tidar, utamanya warga yang merupakan pedagang baik yang jualan di jalan masuk, area parkir, shelter dan lainnya. Harapannya dukungan warga untuk meramaikan Gunung Tidar bisa terwujud," kata Yunus.

BACA JUGA:Banyak yang Mengira Kyai Sepanjang di Gunung Tidar Magelang Itu Adalah Tokoh, Ternyata Inilah Sosoknya

DLH Kota Magelang berkomitmen terus berbenah dengan menata beberapa sektor mulai pada ticketing, parkir, dan layanan pemandu wisata (guide).

Salah satu wujudnya, DLH Kota Magelang kini memiliki aplikasi "Mas Pandu".

"Meski aplikasi Mas Pandu ini sifatnya masih dalam pengembangan, namun nantinya akan berfungsi untuk memantau data kunjungan wisata Kebun Raya Gunung Tidar, sehingga koordinasi akan berjalan dengan apik," jelasnya.

BACA JUGA:Fakta Tentang Gunung Tidar, Pernah Jadi Hutan Gundul

Mas Pandu, lanjut Yunus, akan menampilkan data pengunjung atau rencana kunjungan sekaligus permintaan guide, sehingga koordinasi antarelemen akan berjalan dengan kompak dan baik.

"DLH juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan untuk meningkatkan pengalaman wisatawan," ujarnya.

BACA JUGA:Sekolah di Kota Magelang Ini Punya Cara Unik Buat Cegah Aksi Bullying

Sementara itu, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, menilai jika Kebun Raya Gunung Tidar telah mengalami kemajuan meskipun belum signifikan.

Terlebih adanya IKM Center yang berdekatan dengan destinasi wisata tersebut seharusnya dapat menjadi kalibrasi baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang eksprs