Suplai Air Menurun Selama Kemarau, Perumda Air Minum Kota Magelang Minta Pelanggan Berhemat

Suplai Air Menurun Selama Kemarau, Perumda Air Minum Kota Magelang Minta Pelanggan Berhemat

Salah satu sumber mata air Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kota Magelang, Tuk Pecah mengalami penurunan debit air selama musim kemarau panjang saat ini-RONANG AB-PERUMDA AM KOTA MAGELANG

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Magelang mengimbau kepada seluruh pelanggannya agar bijak menggunakan air bersih. Sebab, kemarau panjang yang melanda wilayah sumber air, mengakibatkan debit air turun hingga 30 persen.

Manager Teknik Perumda Air Minum Kota Magelang Ragil Budi Raharja mengatakan, akibat kemarau berkepanjangan, level muka air di beberapa sumber mata air turun secara drastis.

BACA JUGA:Hore! Layanan Akses Air Minum PDAM Kota Magelang Mulai Sekarang Sudah Bisa 24 Jam

BACA JUGA:Perbaikan Pipa Selesai, Air PDAM Kota Magelang Mengalir Lagi

Sebagai perbandingan, pada saat normal, level muka air di sumber mata air Tuk Pecah yang berada di wilayah Pongangan, Kelurahan Wates, Magelang Utara, berada di angka 300 cm.

"Namun pada saat ini level muka air turun hingga 230 cm mengakibatkan operasional pompa terganggu dan pasokan air berkurang," kata Ragil Budi Raharja, Senin 6 November 2023.

BACA JUGA:PDAM Kota Magelang Salurkan Bantuan Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan

Meski demikian, dia meminta agar pelanggan tak perlu khawatir.

Sebab, Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kota Magelang saat ini tengah melakukan rekayasa aliran agar pompa bisa bekerja dengan maksimal.

"Dengan kondisi mata air saat ini, untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya maka kita melakukan rekayasa aliran," tandasnya.

BACA JUGA:Perbaikan Pipa PDAM Kota Magelang Berhasil, Pasokan Air Wilayah Magelang Utara Normal Kembali

Mewakili perusahaan plat merah milik Pemkot Magelang itu, Ragil juga memohon maaf kepada seluruh pelanggan, karena suplai air akan sedikit mengalami penurunan.

"Kami mengimbau masyarakat bisa bijak menggunakan air, dengan cara menghematnya. Dengan begitu, kebutuhan air kita tetap bisa terpenuhi, meski ada sedikit penurunan debit," tandasnya. (*/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: perumda am kota magelang