Getuk Lindri : Makanan Tradisional Khas Magelang Yang Menggoda Selera,Kamu Wajib Cobain!

Getuk Lindri : Makanan Tradisional Khas Magelang Yang Menggoda Selera,Kamu Wajib Cobain!

Getuk Lindri : Makanan Tradisional Khas Magelang Yang Menggoda Selera,Kamu Wajib Cobain!-jajananjadoel.ig-tangkapan layar instagram

MAGELANGEKSPRES-- Getuk Lindri merupakan salah satu makanan tradisional yang menjadi ciri khas Kota Magelang, Jawa Tengah. 

Getuk Lindri memiliki cita rasa yang lezat dan teksturnya yang unik, makanan tradisional ini menjadi salah satu pilihan camilan favorit yang banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kota Magelang, serta penduduk setempat.

BACA JUGA:Rekomendasi Kuliner Khas Magelang yang Sayang untuk Dilewatkan

Nama Lindri sendiri berhubungan dengan bahasa Jawa yang merujuk pada tekstur getuk yang lembut dan kenyal. Nama ini diambil dari kata dalam bahasa Jawa yaitu "lindu" yang berarti empuk, kata ini menggambarkan karakteristik utama dari Getuk Lindri itu sendiri.

Bukan hanya sekedar makanan tradisional, Getuk Lindri juga memiliki nilai sejarah yang kuat. Sejarah ini dapat dilihat pada masa pemerintahan Keraton Yogyakarta pada abad ke-18. Konon, pada masa pemerintahan Keraton Yogyakarta, ada salah seorang bangsawa bernama Raden Mas Said yang pertama menciptakan Getuk Lindri sebagai hidangan istimewa yang kemudian menjadi favorit di Istana. 

BACA JUGA:Fakta Unik Getuk: Makanan Tradisional Khas Magelang yang Menggugah Selera

Seiring berjalannya waktu, Getuk Lindri tidak hanya menjadi hidangan istana tetapi mulai menyebar ke masyarakat umum, yang kemudian di adopsi oleh masyarakat Kota Magelang sebagai bagian dari kuliner tradisional dan dapat dijumpai dalam acara-acara tradisional, seperti pernikahan, acara keagamaan, maupun festival budaya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Kuliner Magelang, Sajikan Banyak Menu dan Pilihan Makanan

Getuk Lindri terbuat dari bahan dasar ketan, kelapa parut, dan gula kelapa. Proses pembuatannya diawali dengan perebusan ketan terlebih dahulu, kemudian ketan dipadatkan dan dipotong menjadi bentuk yang khas. Bagian luar dari Getuk dilapisi oleh campuran kelapa parut dan gula kelapa yang memberikan perpaduan rasa yang pas dan aroma harum yang khas.

Warna putih bersih dengan cokelat keemasan kelapa parut, menyajikan tampilan yang menarik dan menggugah selera Getuk Lindri sangat cocok dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Magelang, Getuk Lindri menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang tepat. Bentuk kemasannya yang rapi dan simple dapat dengan mudah dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

BACA JUGA:Ini Alasan Es Semanggi Magelang Minuman Legendaris yang Eksis Sejak 1960 Hingga Sekarang

Getuk Lindri merupakan salah satu bagian penting dari warisan budaya lokal Kota Magelang, dengan keunikan rasa yang dimiliki, Getuk Lindri menjadi warisan kuliner yang patut dijaga dan terus dilestarikan sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia.

Menikmati Getuk Lindri bukan hanya sekedar mencicipi makanan, tetapi juga merasakan adanya unsur sejarah yang masih melekat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: