Alen-Alen, Camilan Singkong yang Digemari di Magelang karena Rasanya Renyah Bisa Dimakan Kapan Saja!

Alen-Alen, Camilan Singkong yang Digemari di Magelang karena Rasanya Renyah Bisa Dimakan Kapan Saja!

Alen-alen camilan dari singkong-aulia-Dokumen pribadi

MAGELANGEKSPRES -- Alen-alen merupakan camilan khas Trenggalek yang di Magelang banyak juga digemari karena kenikmatannya dan keunikan bentuknya yang menyerupai cincin.

Siapa yang bisa menolak kenikmatan camilan? Camilan tidak hanya menjadi sahabat ketika bersantai di rumah, akan tetapi bisa menjadi makanan penganjal perut.

Camilan khas Trenggalek ini juga banyak dijual di Magelang. Bahan dasarnya Singkong. Singkong merupakan tanaman yang kayak akan karbohidrat dan serat.

Singkong dapat menjadi bahan makanan pokok penganti nasi. Namun, bagaimana singkong berubah menjadi camilan yang lezat seperti Alen-alen?

BACA JUGA:Getuk Lindri : Makanan Tradisional Khas Magelang Yang Menggoda Selera,Kamu Wajib Cobain!

Seiring dengan perkembangan kemudahan mencari informasi, orang-orang mencari peluang usaha dengan mulai mencoba berbagai cara untuk mengolah singkong menjadi camilan yang menarik.

Walaupun Alen-alen menjadi camilan khas Trenggalek, namun camilan ini dapat dijumpai diberbagai toko camilan maupun pasar tradisional.

Alen-alen muncul sebagai salah satu inovasi dalam dunia camilan singkong. Diolah dengan teknik khusus, Alen-alen menjadi sangat renyah, gurih dan menggiurkan.

BACA JUGA:Cegah Demam Saat Musim Hujan, Berikut Minuman yang Harus Dihindari

Alen-alen dapat menjadikan pilihan di kalangan pecinta camilan. Salah satu hal yang membuat Alen-alen begitu istimewa adalah proses pembuatannya yang unik. 

Singkong diolah dengan dipotong tipis-tipis dan kemudian diproses dengan teknik khusus untuk menjaga kelembutan di dalam dan tekstur keras di luar.

Kemudian, dilakukan proses penggorengan hingga mencapai tingkat kecoklatan yang sempurna. Hasilnya adalah camilan singkong yang renyah dan gurih, siapa untuk dinikmati kapan saja.

Apa yang membuat Alen-alen begitu istimewa selain teksturnya yang renyah? Rasa Alen-alen yang gurih dan garing membuatnya cocok untuk dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi.

BACA JUGA:Menikmati Segarnya Empon-Empon, Minuman Berkhasiat Saat Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: