Kembangkan P5, SMP N 40 Purworejo Luncurkan Tari Merdika Kawandasa

Kembangkan P5, SMP N 40 Purworejo Luncurkan Tari Merdika Kawandasa

PENGEMBANGAN P5. Kapolres Purworejo bersama Kepala Dindikbud melantik anggota PKS dan meluncurkan Tari Merdika Kawandasa dalam rangka pengembangan P5 di SMPN 40 Purworejo, Kamis (14/12).-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Kapolres Purworejo, AKBP Eko Sunaryo, bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo (Dindikbud), Wasit Diono, melantik anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di SMP Negeri 40 Purworejo, Kamis (14/12).

Prosesi pelantikan dirangkai dengan peluncuran Tari Merdika Kawandasa karya siswa yang menjadi bagian dari Kurikulum Merdeka dan pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Pelantikan PKS ditandai dengan penyematan topi kepada dua perwakilan oleh Kapolres dan launching Tari Merdika Kawandasa ditandai dengan penyematan mahkota kepada dua perwakilan oleh Kapolres dan Kadindikbud.

BACA JUGA:Kwaran Purworejo Lantik 405 Pramuka Garuda

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan demo senam PKS dan pementasan Tari Merdika Kawandasa serta menyanyikan lagu Mars SMPN 40 Purworejo.

Kegiatan berlangsung meriah di halaman sekolah setempat dan dihadiri jajaran PJU Polres Purworejo, Pengawas Dabin, perwakilan PGRI, kepala sekolah sekitar, jajaran komite, perwakilan orangtua siswa, kepala desa setempat serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Menurut Kapolres Purworejo, PKS merupakan suatu kegiatan positif dalam membina anak-anak didik secara berkesinambungan untuk dapat menjadi pribadi yang unggul, disiplin, berkarakter dan berkualitas yang dapat berguna bagi nusa, bangsa dan negara. Adanya PKS diharapkan dapat membantu tugas kepolisian dalam mewujudkan situasi aman dan tertib dilingkungan sekolah sehingga siswa merasa nyaman dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Selain berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban, PKS juga bertugas membantu menciptakan situasi kamseltibcarlantas di lingkungan sekolah.

BACA JUGA:223 Siswa Sanggar Tari Prigel Purworejo Tampilkan 14 Tarian, Ujian Sekaligus Jadi Ajang Apresiasi

“Karena itu, jadilah petugas PKS yang baik, cerdas, disiplin dan bertanggung jawab yang diharapkan mampu berperan aktif dalam menciptakan keamanaan, ketertiban, keselamatan dan kelancaraan berlalulintas (kamseltibcarlantas) di lingkungan sekolah. Serta senantiasa dapat menjadi suri tauladan dan panutan bagi para siswa-siswi lain di lingkungan sekolah,” kata Kapolres.

Wasit Diono dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada SMPN 40 Purworejo atas dilantiknya PKS serta launching Tari Merdika Kawandasa. Pihaknya memberikan apresiasi yang besar karena ini bagian dari Kurikulum Merdeka, sebagai pengembangan P5.

“Yang nantinya akan membentuk karakter generasi-generasi yang jujur, berakhlak mulia, disiplin, tanggung jawab, gotong royong dan lainnya,” ungkapnya.

Dalam laporannya, Kepala SMPN 20 Purworejo, Dwi Retno Untari SPd, menyebut anggota PKS di sekolahnya berjumlah 30 siswa. Sebelum dilantik, mereka sudah menjalani pelatihan dan bimbingan dari Sat Binmas Polres Purworejo.

Tujuan dari kegiatan PKS, mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan di sekitar sekolah, menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah dan masyarakat (Kamtibmas), membantu sekolah dalam menegakkan kedisiplinan pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres