223 Siswa Sanggar Tari Prigel Purworejo Tampilkan 14 Tarian, Ujian Sekaligus Jadi Ajang Apresiasi

223 Siswa Sanggar Tari Prigel Purworejo Tampilkan 14 Tarian, Ujian Sekaligus Jadi Ajang Apresiasi

TAMPILKAN TARIAN. Sebanyak 223 anak yang terbagi dalam beberapa kelompok menyajikan 14 jenis tarian secara bergantian dalam ujian dan pagelaran tari yang digelar oleh Sanggar Tari Prigel di Ganeca Convention Hall Purworejo, Rabu (13/12).-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Sebanyak 223 anak yang terbagi dalam beberapa kelompok menyajikan 14 jenis tarian secara bergantian dalam ujian dan pagelaran tari yang digelar oleh Sanggar Tari Prigel di Ganeca Convention Hall Purworejo, Rabu (13/12).

Event bertajuk "Ateken Tekun Bakal Katekan" tersebut berlangsung semarak disaksikan ratusan pecinta tari Purworejo serta para orang tua peserta sejak siang hingga petang.

BACA JUGA:Yuli Hastuti Dilantik, Perempuan Pertama Jabat Bupati Purworejo

Pimpinan Sanggar Tari Prigel, Melania Sinaring Putri SSn, menyebut ujian tari merupakan event rutin tahunan yang digelar Prigel untuk mengetahui tingkat penguasaan dan keberhasilan anak didik dalam menempuh pelatihan selama satu tahun.

Selain itu, ujian yang dikonsep pagelaran tersebut sekaligus menjadi media hiburan dan apresiasi bagi pecinta tari Purworejo. Menurutnya, tema dalam bahasa Jawa yang diangkat tahun ini mengandung arti “berpegang pada ketekunan, maka akan tercapai” segala maksud dan tujuan.

Tekun dalam hal ini merujuk pada sikap rajin dan bersungguh-sungguh ketika menjalani sebuah proses.

"Sanggar Tari Prigel menanamkan sikap tekun kepada para siswa melalui latihan-latihan rutin yang dilakukan secara konsisten dan evaluatif. Maka program Pagelaran dan Evaluasi Tari
ini merupakan ruang apresiatif sekaligus implementatif untuk mendorong setiap siswa rajin dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti satu tahun kegiatan belajarnya," sebutnya.

BACA JUGA:Penggunaan ETLE Drone di Purworejo Kembali Dimonitor Polda Jateng

Diungkapkan, Event serupa sempat tidak digelar pada tahun 2020 akibat terdampak pandemi Covid-19. Tahun 2021 ujian dan pagelaran tari kembali dihelat secara online.

Kemudian pada tahun 2022 program Pagelaran dan Evaluasi Tari diikuti oleh 126
orang siswa.

"Hingga tahun 2023 ini jumlah siswa yang ikut serta melonjak drastis menjadi
223 orang dari total siswa Sanggar Tari Prigel tahun ini berjumlah 236 orang
anak usia 4 hingga 18 tahun," jelasnya.

Melania menilai, animo yang cukup besar pasca pandemi covid-19 ini sangat jelas menggambarkan betapa kerinduan dan apresiasi para peserta didik terhadap seni dan budaya lokal. Tidak itu saja, sikap tekun selama mengikuti program latihan sepanjang satu tahun kurikulum ini perlu mendapatkan apresiasi, mengingat semangat dań konsistensi mereka selama belajar.

"Apresiasi yang sama juga patut diberikan kepada para orang tua siswa yang sangat loyal dan memberikan dukungan penuh kepada putra-putri mereka dalam mengikuti program latihan rutin setiap hari Minggu di Pendopo Kabupaten Purworejo," terangnya.

BACA JUGA:SMA N 7 Purworejo Bentuk Agen Perubahan Anti Perundungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres