Kembangkan P5, SMP N 40 Purworejo Luncurkan Tari Merdika Kawandasa

Kembangkan P5, SMP N 40 Purworejo Luncurkan Tari Merdika Kawandasa

PENGEMBANGAN P5. Kapolres Purworejo bersama Kepala Dindikbud melantik anggota PKS dan meluncurkan Tari Merdika Kawandasa dalam rangka pengembangan P5 di SMPN 40 Purworejo, Kamis (14/12).-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

BACA JUGA:Purworejo Diproyeksikan Jadi Lumbung Pangan Nasional

“Serta membentuk pelajar yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berpengetahuan luas, berdisiplin tinggi serta meminimalisir pelanggaran yang dilakukan peserta didik di lingkungan sekolah,” sebutnya.

Tari Merdika Kawandasa yang dilaunching, menurut Retno, merupakan produk atau hasil karya siswa dalam P5. Penampilan tari merdika kawandasa dan mars SMPN 40 Purworejo.

“Tujuan dari kegiatan P5, menghasilkan siswa yang mandiri, memperoleh keterampilan yang diperlukan oleh peserta didik, berpatisipasi aktif dalam merencanakan pembelajaran, menghargai proses belajar dan bangga dengan hasil pencapaian yang telah diupayakan secara optimal,” terang Retno.

Terpisah, Eko Winoto Adi SPd, selaku koordinator P5 menjelaskan bahwa Tari Merdika Kawandasa merupakan sebuah tari kreasi yang dihasilkan oleh siswa kelas 7 dan 8 yang diambil dari perpaduan kuda lumping, dolalak dan cing poling. Setelah dilaunching untuk selanjutnya tari Merdika Kawandasa akan menjadi tarian khas atau ikon SMPN 40 Purworejo.

BACA JUGA:Dilantik, 88 Kades Purworejo Hasil Pilkades Serentak Diminta Patuh Regulasi

“Tarian ini menceritakan tentang keseharian dan keceriaan anak-anak dalam mengikuti pembelajaran di SMPN 40 Purworejo. Dan ini produk dari P5 dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya,” jelanya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres