DPRD Dorong Optimalisasi Terminal Tipe A Purworejo Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

DPRD Dorong Optimalisasi Terminal Tipe A Purworejo Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

OPTIMALISASI TERMINAL. DPRD Purworejo mendorong adanya optimalisasi fungsi Terminal Tipe A Purworejo yang baru saja diresmikan menjadi penggerak ekonomi masyarakat.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Terminal Tipe A Purworejo yang terletak di depan Mapolres Purworejo telah selesai dibangun dan diresmikan operasinalnya pada Selasa (2/1).

Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudi, mendorong agar terminal yang dilengkapi sejumlah fasilitas tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan animo masyarakat menggunakan angkutan massal sekaligus menjadi lokasi penggerak ekonomi baru.

“DPRD berharap kehadiran terminal ini betul-betul mampu meningkatkan animo masyarakat untuk dapat menggunakan kendaraan umum, khususnya bus dalam kota maupun antarkota,” kata Dion saat dikonfirmasi usai menghadiri peresmian Terminal Tipe A Purworejo.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Cek Harga sambil Belanja di Pasar Tradisional Purworejo

Terminal Tipe A Purworejo diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Bupati Purworejo Yuli Hastuti. Dalam kesempatan itu, Presiden secara simbolis juga meresmikan tiga Terminal Angkutan Massal Tipe A lainnya, yakni Terminal Mendolo di Wonosobo, Terminal Purboyo Madiun, dan Terminal Patria Blitar.

Terminal berlantai dua tersebut dibangun dengan konsep mixed-use yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Yakni penyedian area komersial bagi UMKM, pusat kuliner, pusat perbelanjaan dan gedung serba guna.

Sejalan dengan konsep itu, Dion Agasi berharap agar terminal mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya sektor UMKM.

BACA JUGA:Terminal Tipe A Purworejo Diresmikan Presiden Jokowi

Pihak terkait yang menjadi pengelola diharapkan memberikan perhatian kepada pelaku UMKM sehingga mereka dapat menggerakkan roda perekonomian di lokasi tersebut dengan baik dan berkelanjutan.

“Harapannya sesuai peruntukannya. UMKM bisa masuk difasilitasi, termasuk promosinya sehingga bisa ramai,” tandas Dion.

Diketahui, terminal Tipe A Purworejo dibangun dengan biaya senilai Rp35 miliar yang berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Terminal ini memiliki luas 12.315 meter persegi dan luas bangunan 2.378,1 meter persegi, serta melayani 615 penumpang dengan total 105 bus per hari. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres