Anggota DPRD Kota Magelang HIR Jatmiko Jalankan Tugas di Awal Tahun, Salah-satunya Serahkan Bantuan Gamelan

Anggota DPRD Kota Magelang HIR Jatmiko Jalankan Tugas di Awal Tahun, Salah-satunya Serahkan Bantuan Gamelan

Anggota DPRD Kota Magelang Hir Jatmiko (kanan) menyerahkan bantuan Gamelan kepada Kepala Sekolah Maria Widarsih Lestari (kiri) SD Cacaban 3 Kota Magelang-Aulia Rifa Urbah-Dokumen pribadi

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Anggota DPRD Kota Magelang, HIR Jatmiko menyalurkan bantuan dari hasil pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD.

Legislator dari Komisi C DPRD Kota Magelang tersebut memberikan bantuan atas aspirasinya, terkait dengan "Membudayakan Budaya Kota Magelang" kepada SD Negeri Cacaban 3 di Cacaban, Magelang Tengah.

Bantuan tersebut berupa seperangkat set gamelan klasik Slendo dan Pelog.

Kedatangan HIR Jatmiko disambut meriah seluruh siswa-siswi SD Cacaban 3.

Mereka penasaran dengan dibawanya alat musik gamelan.

“Saya lihat antusiasme anak-anak tadi. Menanyakan kapan bisa memakai alat musik. Nah inikan jadi sesuatu yang jarang buat anak. Dari gamelan itu datang, anak-anak jadi pengen lihat dan tertarik untuk mencoba,” kata Jatmiko saat ditemui pada Sabtu, 13 Januari 2024 pagi.

BACA JUGA:Sukseskan Jateng Bebas Knalpot Brong, Polresta Magelang Menghancurkan 1.000 Knalpot yang Tidak Penuhi Standar

Jatmiko menjelaskan, realisasi bantuan satu set gamelan itu berasal dari aspirasi yang dianggarkan dari dana pokok pikiran (Pokir) HIR Jatmiko.

Menurutnya sudah menjadi tugas dewan untuk mengawasi dan mendorong program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang bertujuan untuk melestarikan budaya di Kota Magelang.

Politisi Partai Hanura ini menilai, bahwa memberikan bantuan alat musik tradisional adalah salah satu cara untuk melestarikan budaya.

Hal ini bertujuan, untuk mewariskan nilai-nilai seni budaya kepada generasi muda sedari kecil.

Terlebih lagi, Indonesia memiliki kekayaan budaya dan seni yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Terutama gamelan klasik yang telah diakui sebagai warisan UNESCO pada tahun 2021.

“Penting untuk menjaga dan mempromosikan keberagaman budaya ini agar tetap hidup dan berkembang di tengah masyarakat. Nantinya, SD Cacaban 3 bisa diajari kesenian Jawa, khususnya Karawitan,” jelas Jatmiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres