Polres Wonosobo Musnahkan 147 Knalpot Brong Sitaan

Polres Wonosobo Musnahkan 147 Knalpot Brong Sitaan

PEMUSNAHAN. Bupati, Dandim 0707, serta Kapolres Wonosobo melakukan simbolis pemusnahan knalpot brong di halaman Mapolres setempat, Sabtu (13/1) pagi kemarin. -Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO,MAGELANGEKSPRES - Knalpot brong yang diamankan oleh polisi selama 10 hari operasi, setidaknya terdapat sebanyak 147 knalpot yang disita. Knalpot itu dimusnahkan pada Sabtu (13/1) pagi. Dalam kegiatan penertiban tersebut, para pemilik kendaraan turut menerima sanksi berupa tilang.

Kapolres Wonosobo, AKBP Donny Lumbantoruan menuturkan, kegiatannya dilakukan demi menjaga iklim pemilu yang sehat dan aman. Terlebih pada 20 Januari 2024 mendatang, kampanye terbuka mulai digelar serentak.

BACA JUGA:Terdampak Longsor, 7 Desa di Kecamatan Kejajar Wonosobo Padam Listrik

“Sebagai tindak lanjut dari penertiban knalpot brong, Polres Wonosobo melaksanakan pemusnahan knalpot yang tidak standar pabrik, dengan total yang sudah diamankan sebanyak 147 knalpot,” ungkapnya.

Selain memusnahkan barang sitaannya, deklarasi "Wonosobo Zero Knalpot Brong" juga digaungkan dalam acara yang bersamaan, melibatkan jajaran Forkompimda, pimpinan partai politik, tim pemenangan pemilu, hingga pelajar.

"Kita sudah deklarasi, maka ini jadi awal untuk bersama-sama komitmen menjaga ketentraman dalam kegiatan pemilihan umum (pemilu) nanti," ujar Kapolres, AKBP Donny Lumbantoruan.

Ia menambahkan kendaraan yang ditahan dari hasil kegiatan operasi dan penindakan knalpot brong dapat diambil kembali oleh pemiliknya.

BACA JUGA:Razia Knalpot Brong di Wonosobo, 57 Sepeda Motor Kena Tilang

Syaratnya, pihak yang bersangkutan musti menggantinya dengan knalpot standar dan meneken surat tanda komitmen.

"Kendaraan boleh diambil tapi harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan," katanya.

“Selain penindakan, kami juga melakukan himbauan dan sosialisasi di sekolah-sekolah maupun di bengkel-bengkel variasi, kami berharap seluruh masyarakat dapat ikut mendukung penertiban knalpot brong,” imbuhnya.

Deklarasi tersebut dikemas dalam sebuah upacara di halaman Mapolres setempat, yang dikomandoi secara langsung oleh Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat.

BACA JUGA:Gencarkan Razia, Polres Magelang Kota Targetkan Zero Knalpot Bising

Saat diwawancara, Afif menyatakan harapannya agar pelaksanaan pemilu, khususnya saat memasuki tahap kampanye terbuka nantinya dapat berjalan dengan damai dan aman tanpa knalpot brong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres