Kota Magelang Kembali ke Posisi 6 Kota Tertoleran, Setelah Terdampar di Peringkat 10 Tahun 2022

Kota Magelang Kembali ke Posisi 6 Kota Tertoleran, Setelah Terdampar di Peringkat 10 Tahun 2022

Wakil Wali Kota Magelang Menerima Penghargaan 6 Kota Toleran Terbaik Se-Indonesia-Burhan Sugiono-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Kota Magelang berhasil mengembalikan penghargaan Indeks Kota Toleran (IKT) dari Setara Institute pada tahun 2023 kembali ke posisi 6 besar. Posisi yang sama pernah diraih pada tahun 2021 lalu, dan anjlok ke posisi 10 besar pada tahun 2022.

IKT merupakan laporan ketujuh SETARA Institute yang telah digelar sejak tahun 2015, 2017, 2018, 2020, dan 2021.

Tahun ini Kota Magelang berhasil mendapatkan 6,220 skor. Jumlah ini naik signifikan dibandingkan dengan perolehan Kota Tertoleran tahun 2022 sebesar 5,670 skor.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Magelang, KH M Mansyur pada acara Peluncuran IKT 2023 yang diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa, 30 Januari 2024.

“Kota Magelang pada tahun 2021 menduduki peringkat ke-6, namun pada tahun 2022 mengalami penurunan menjadi peringkat ke-10. Lalu tahun 2023, kita berhasil naik kembali ke peringkat ke-6,” kata Mansyur.

BACA JUGA:Profil Sepyo Achanto, Pj Bupati Magelang yang Baru Saja Dilantik

Dirinya juga menyampaikan bahwa, penghargaan ini dapat diraih berkat kerja keras dari Wali Kota Magelang beserta jajaran Pemkot Magelang, serta adanya Satuan Tugas (Satgas) IKT.

Kedepannya, harap Mansyur, Kota Magelang dapat bekerja lebih keras dan melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang masih dirasa kurang.

“Setidaknya, diharapkan kota ini dapat mencapai peringkat 3 besar dalam Indeks Kota Toleran,” ucapnya dengan penuh semangat.

Sementara itu, Ketua Satgas IKT Kota Magelang, Catur Adi Subagio menambahkan Pemerintah Kota Magelang telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan peringkat Kota Toleran.

BACA JUGA:Puan dan Bambang Pacul Tampak Mesra Menyantap Bakso di Magelang, Gak Mau Kalah dengan Jokowi dan Prabowo?

Salah satunya dengan membentuk Satgas IKT agar dapat bekerja dengan lebih fokus.

“Satgas IKT yang ada ini menunjukkan adanya peningkatan koordinasi yang lebih efektif antara OPD yang terhubung dengan IKT, dan akibatnya akan terlihat pada tahun 2023. Kota Magelang berhasil naik 4 peringkat,” jelas Catur.

Selain itu, kolaborasi dengan media massa dan inovasi daerah menjadi nilai tambah IKT Kota Magelang tahun 2023.

Meskipun masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan jika ingin meningkatkan peringkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres