SMKN 1 Purworejo Pilot Project Sekolah Berintegritas, Deklarasi Tandai Komitmen Bersama

SMKN 1 Purworejo Pilot Project Sekolah Berintegritas, Deklarasi Tandai Komitmen Bersama

DEKLARASI KOMITMEN INTEGRITAS. SMK N 1 Purworejo menggelar Deklarasi Komitmen Integritas di sekolah setempat.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- SMKN 1 Purworejo ditunjuk menjadi salah satu pilot project oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah sejak  26 Oktober 2023 silam.

Menindaklanjutinya, sekolah tersebut berinisiatif menggelar Deklarasi Komitmen Integritas pada Rabu (31/1).

Deklarasi berlangsung di aula sekolah setempat diikuti oleh seluruh keluarga besar sekolah dari unsur guru, karyawan, serta siswa. Prosesi deklarai Prosesi deklarasi ditandai dengan pengucapan Komitmen Integritas yang dipimpin Kepala SMKN 1 Purworejo, Dra Indriati Agung Rahayu MPd.

BACA JUGA:Baliho Caleg di Purworejo Roboh Celakakan Warga

Hadir antara lain Kasi SMK Cabdin Pendidikan Wilayah VIII Jateng, Titik Nur'aini SSos, Pengawas SMK Bani Mustofa SPd MPd, serta komite sekolah.

Dalam deklarasi itu, seluruh peserta menyatakan siap menjunjung tinggi dan melaksanakan nilai-nilai integritas, kejujuran, keterbukaan dan profesionalisme dalam penyelenggaraan pendidikan. Siap menjadi sekolah yang terdepan dalam prestasi dan luhur dalam budi pekerti serta siap untuk menjaga dan menjunjung tinggi nama baik almamater SMK Negeri 1 Purworejo.

Usai pengucapan Deklarasi Komitmen Integritas dilanjutkan dengan penandatanganan banner Komitmen Integritas secara serentak oleh seluruh warga sekolah.

Kasi SMK Cabdin Pendidikan Wilayah VIII Jateng Titik Nur'aini menyampaikan bahwa Sekolah Berintegritas harus komitmen untuk menaati sejumlah aturan. Antara lain tepat waktu, berlaku jujur serta komitmen integritas yang diucapkan harus dijaga, dilestarikan serta dibudayakan di lingkungan SMKN 1 Purworejo secara berkelanjutan.

BACA JUGA:Raden Mas Sundoro Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

"Sekolah Integritas itu sekolah yang dalam pengelolaan apapun bersikap jujur, terbuka, adil dan bertanggung jawab," katanya.

Kepala SMKN 1 Purworejo menyebut bahwa sungguh menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi seluruh civitas akademika SMKN 1 Purworejo terpilih sebagai satu-satunya satuan pendidikan tingkat SMK di Kabupaten Purworejo sebagai pilot project Sekolah Berintegritas di wilayah Kabupaten Purworejo.

"Sekolah berintegritas adalah sekolah yang konsisten dalam menjunjung tinggi nilai luhur dan keyakinan dengan landasan kejujuran dan kebenaran sebagai lembaga pendidikan," ungkapnya.

Menurutnya, penerapan nilai-nilai integritas di sekolah merupakan hal yang penting, mengingat sekolah merupakan tempat pembentukan karakter siswa-siswi. Dengan nilai-nilai integritas, siswa-siswi akan tumbuh menjadi pribadi yang jujur, bertanggung jawab dan berperilaku baik.

"Oleh karena itu, Deklarasi Komitmen Integritas ini merupakan langkah yang tepat untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres