Lapangankan Jiwa Jelang Bulan Suci, Rohis dan OSIS SMAN 4 Magelang Suguhkan Tarhib Ramadan

Lapangankan Jiwa Jelang Bulan Suci, Rohis dan OSIS SMAN 4 Magelang Suguhkan Tarhib Ramadan

ROHANI. Ustadz Wahyono SPdi saat memberikan siraman rohani di SMAN 4 Magelang, Jumat 1 Maret 2024. - SMAN 4 Magelang ---

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Jelang Ramadan 1445 Hijriah, dua organisasi di SMAN 4 Magelang, Jawa Tengah berkolaborasi menggelar Tarhib Ramadan di Aula sekolah setempat, Jumat 1 Maret 2024.

Pokok dari kegiatan keagamaan yang digelar Rohis dan OSIS tersebut adalah siraman rohani.

Sebagai penceramahnya Ustadz Wahyono SPdi. Tajuknya "Puasa untuk Perisai Diri, Lakukan sebagai Muslim Sejati".

"Tarhib digelar untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Bulan yang penuh berkah. Amalan dilibatkan gandakan. Ramadan suatu titik menggebu untuk beribadah. Maka dalam ibadah perlu didasari ilmu. Kalau tidak maka akan sia-sia," kata Ketua Rohis SMAN 4 Magelang, Ghifary Muhammad.

BACA JUGA:Pelanggaran Lalin Terus Meningkat, Polres Magelang Kota Turunkan Pasukan Operasi Keselamatan Lalin Candi 2024

Sebagai pesertanya pengajiannya adalah semua siswa. Dari kelas X, XI dan XII. Mereka didampingi bapak ibu guru.

Mereka yang jumlahnya hampir menyentuh angka seribu, tidak hanya memadati aula. Tetapi juga sampai di teras aula dengan duduk lesehan beralaskan karpet.

"Dengan pengajian itu memberi dasar ilmu tentang Ramadan. Dan bagaimana tentang bulan Ramadan," tambah siswa kelas XI ini.

Tarhib Ramadan bisa diartikan kegiatan untuk menyambut bulan Ramadan atau bulan Suci dengan segala kesiapan, keluasan, serta kelapangan jiwa serta raga.

"OSIS sangat mendukung kegiatan ini. Karena di OSIS ada juga Bidang Keagamaan," kata Ketua OSIS SMAN 4 Magelang, Ahmadinejad.

BACA JUGA:Resmi Dilantik Pemkot Magelang, 259 PPPK dan 5 CPNS Diminta Untuk Jujur dan Melayani Publik

Dijelaskan, kerja sama antara OSIS dengan Rohis tidak hanya dalam momen tersebut. Tetapi juga lainnya. Seperti pesantren kilat Ramadan hingga kegiatan Idul Adha di sekolah.

"Kami berkolaborasi bergabung dalam kepanitiaan biar tidak repot. Saling membantu," tambahnya.

Selain siraman rohani tersebut, di akhir acara juga digelar doa bersama. Doa untuk para siswa dalam menghadapi penilaian tengah semester.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: