Tiba-tiba Puluhan Anggota Polres Wonosobo Dites Urine, Apa Hasilnya?

Tiba-tiba Puluhan Anggota Polres Wonosobo Dites Urine, Apa Hasilnya?

TES URINE. Proses tes urine bagi anggota Polres Wonosobo.-istimewa-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Puluhan anggota Kepolisian Resor (Polres) Wonosobo tiba-tiba dites urine, Kamis 14 Maret 2024.

Pengambilan sampel itu dilakukan tanpa sepengetahuan anggota polisi, dan untuk mendeteksi indikasi penyalahgunaan narkotika di internal Polres.

Kapolres Wonosobo, AKBP Donny Lumbantoruan mengungkapkan, pengecekan urin tersebut dilakukan secara berkala sebagai upaya preventif terhadap penyalahgunaan narkotika di lingkungan kepolisian.

"Kami tidak hanya menegakkan hukum di masyarakat, tetapi juga menjaga kedisiplinan dan profesionalisme di internal Polres Wonosobo," katanya.

BACA JUGA:Tanam Sabu di Kawasan Sekolah, Kurir Sabu Ternyata Anak Buah The Tjoen Sang

AKBP Donny menyampaikan, kegiatan itu mendatangkan pihak Propam dan Dokkes Polres untuk pengetesan urine. Demikian digelar dalam rangka menjaga kedisiplinan dan profesionalitas polisi.

"Kegiatan ini bagian dari Operasi Pekat Candi 2024 yang saat ini sedang dilaksanakan. Tujuan salah satunya agar menjadi momentum memperhatikan kedisiplinan dan profesional anggota," ujarnya.

Agendanya, setiap personel yang terlibat dalam Operasi Pekat Candi 2024 wajib menjalani tes urine guna memastikan bahwa mereka tidak menggunakan atau terlibat dalam penyalahgunaan narkotika.

Nantinya, hasil sampel tes urine tersebut akan menjadi acuan bagi pihak Propam dan pimpinan Polres Wonosobo, untuk mengevaluasi kinerja dan kepatuhan personil terhadap aturan internal kepolisian.

BACA JUGA:Edarkan 62 Paket Sabu di Wonosobo, Residivis Terancam Penjara Seumur Hidup

Acara tersebut juga terdapat operasi pekat (penyakit masyarakat), yang merupakan operasi penegakan hukum dalam rangka mencegah dan menanggulangi tumbuhnya penyakit masyarakat.

Beberapa jenis pekat sendiri meliputi penyalahgunaan narkoba, prostitusi, premanisme, dan perjudian ilegal. Terlebih, kini sedang memasuki bulan suci Ramadhan dan menuju hari raya Idul Fitri, di wilayah Polres Wonosobo.

Kasi Propam Ipda Rahmad membeberkan, dari seluruh anggota polisi yang dites urine, tak satupun terindikasi menyalahgunakan narkoba. Hasilnya, puluhan polisi tersebut negatif dan dinyatakan sehat.

“Dari hasil pengecekan urin tidak ditemukan anggota yang terindikasi menggunakan narkoba, semua telah dinyatakan negatif,” ucap Kasi Propam Ipda Rahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres