Kurangi Main HP, Waktu Ramadhan Tidak Lama, Jaga dengan Kebaikan!

Kurangi Main HP, Waktu Ramadhan Tidak Lama, Jaga dengan Kebaikan!

Kurangi Main HP, Waktu Ramadhan Tidak Lama, Jaga dengan Kebaikan!--

MAGELANG EKSPRES-Ramadhan itu waktunya tidak panjang, hanya pendek. Hendaknya kita menjaga waktu Ramadhan dengan kebaikan.

Sebagaimana kita ketahui, Ramadhan itu hanya 29 hari, paling banyak hanya 30 hari. Artinya, itu waktu yang sangat cepat kita lewati.

Sehari, dua hari, tidak terasa sudah sepuluh hari, tidak terasa sudah 20 hari, tidak terasa sudah di sepuluh hari terakhir dari Ramadhan. Tanpa disadari 30 hari akan berlalu dengan cepat.

BACA JUGA:Perbanyak Membaca Al Qur'an di Bulan Ramadhan! Kelak Al Qur'an akan Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Semua perkara yang akan menghabiskan waktu harus dikurangi bahkan ditinggalkan kalau memang kurang bermanfaat.

Di antara yang banyak membuang waktu adalah handphone (HP). Maka khususnya di bulan Ramadhan, waktu kita bersama HP dikurangi.

Mari kita niatkan untuk mengurangi HP selama Ramadhan. Kita tinggalkan kecuali ketika ada kebutuhan. Atau dengan membatasi waktu pagi sekitar 15 menit dan paling lama 30 menit. Malam hari atau sore hari paling lama 30 menit.

Selain dari itu, sudah kita tinggalkan HP. Dan hanya pegang HP kecuali ada panggilan atau kepentingan yang  mendesak.

Kenapa? Sebab bisa jadi Ramadhan kita bukan Ramadhan ibadah, tapi Ramadhan sebagai bulan HP. Artinya, banyak waktu yang kosong ternyata waktu-waktu hanya untuk bersama dengan HP. Dan ini tentu banyak melewatkan kebaikan.

BACA JUGA:Meneladani Perjalanan Hidup Imam Syafi'i yang Menghatamkan Al Qur'an 60 Kali di Bulan Ramadhan

Coba kalau HP tadi diganti dengan Al-Qur'an, diganti dengan mushaf. Yang kita pegang terus adalah Al-Qur'an, yang selalu kita pegang adalah mushaf. Tentu ini banyak sekali kemuliaan yang kita raih.

Sehingga kita akan mengumpulkan pundi-pundi pahala yang banyak kalau kita mampu melawan nafsu kita. Yakni meninggalkan HP dan menyibukkan dengan membaca dan mengamalkan Al Qur'an.

Maka sisa waktu Ramadhan yang kita miliki, jangan lewat begitu saja. Tanpa kebaikan bahkan malah berdosa.

Waktu 29 atau 30 hari itu sangat cepat kita lewati. Maka dari awal kita sudah bersiap, bulan Ramadhan menjadi bulan ibadah. Siang, malam, bahkan setiap waktunya, setiap saatnya, detik dan jamnya harus diisi dengan kebaikan sehingga akan dipenuh dengan pahala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: