Ribuan Umat Budha Bakal Ikuti Perayaan Waisak 2024 di Borobudur

Ribuan Umat Budha Bakal Ikuti Perayaan Waisak 2024 di Borobudur

RITUAL. Perayaan Waisak 2568 BE akan diadakan di Borobudur, ribuan umat diperkirakan datang.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

BOROBUDUR, MAGELANGEKSPRES - Candi Borobudur kembali menjadi tempat pusat perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2568 BE Tahun 2024. Detik-detik perayaan Waisak terjadi Kamis, 23 Mei 2024.

Tri Suci Waisak memperingati tiga peristiwa penting yakni kelahiran Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama Parinibbana (wafat).

Ketua Umum DPP WALUBI yang juga Ketua Panitia Waisak Nasional 2568 BE Tahun 2024, Dra S Hartati Murdaya menjelaskan, rangkaian acara Waisak Nasional Tahun 2024 diawali dengan Karya Bakti Taman Makam Pahlawan seluruh Indonesia pada 5 Mei 2024.

BACA JUGA:Paket Ramadan dan Ngabubu-Ride Ala Caping Resto Borobudur! Banyak Promo Menariknya yang Wajib Dicoba

Selanjutnya mulai dari 17 Mei 2024 hingga 23 Mei 2024 ada berbagai kegiatan yang akan digelar di Candi Borobudur dan sekitarnya.

Mulai dari 17 Mei 2024 screening pasien bakti sosial pengobatan gratis di Vihara GVA Mendut, 18 Mei 2024 seremoni pembukaan bakti sosial pengobatan gratis hari pertama di Taman Lumbini Zona 2 Candi Borobudur, 19 Mei 2024 bakti sosial pengobatan gratis hari kedua.

“Lalu di 20 Mei 2024 ada penyambutan Bhikkhu Thudong tiba di Candi Borobudur, juga ada Sān Bù Yī Bà Tiga Langkah Satu Namaskara Tradisi Mahayana, Nyingma Monlam Chenmo Indonesia hari pertama di Taman Aksobya Candi Borobudur, puja bakti dan meditasi malam di Candi Borobudur,” terang Koordinator Humas Waisak Nasional 2568 BE, Tahun 2024 Eric Fernardo.

Selain itu, tanggal 21 Mei 2024 ada pengambilan Api Dharma di Mrapen, Grobogan dan ritual pensakralan di Candi Mendut, juga terdapat Nyingma Monlam Chenmo Indonesia hari kedua di Taman Aksobya Candi Borobudur dilanjutkan dengan larung pelita purnama Siddhi di Sungai Progo, pradaksina pagi di Candi Borobudur serta puja bakti dan meditasi malam di Candi Borobudur.

BACA JUGA:Ganjar, Erick Thohir, Sandiaga Uno Hadiri Festival Lampion Waisak di Borobudur

Pada tanggal 22 Mei 2024 ada pengambilan Air Berkah di Umbul Jumprit, Temanggung dan ritual pensakralan di Candi Mendut, selain itu ada Atthasila di Vihara GVA Mendut, pradaksina pagi di Candi Borobudur, pindapata di pelataran Candi Mendut, 3rd Borobudur Peace & Prosperity Festival di Taman Aksobya Candi Borobudur serta puja bakti dan meditasi malam di Candi Borobudur.

Eric Fernardo yang juga Pelaksana Harian DPP Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI) menambahkan tanggal Waisak 23 Mei 2024 terdapat Festival Bhumi Mandala di Candi Ngawen.

"Sementara itu umat yang ingin mengikuti Prosesi Kirab Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur dapat berkumpul di Candi Mendut dari siang hari, prosesi Kirab Waisak akan dimulai sekitar pukul 14.30 WIB dilanjutkan dengan ibadah Detik – Detik Waisak yang akan jatuh tepat pukul 20.52.42 WIB di Lapangan Kenari Zona 1 Candi Borobudur. Tanggal 23 Mei 2024 juga terdapat pelepasan lampion di Lapangan Marga Utama Candi Borobudur sesi 1 pukul 19.00 – 21.00 WIB dan sesi 2 pukul 21.30 – 22.30 WIB,” tutup Eric Fernardo.

BACA JUGA:Disambut Bupati Magelang, Biksu Thudong Disebut Tebar Spirit Toleransi dan Kebersamaan

Rangkaian kegiatan Waisak di Candi Borobudur dan sekitarnya akan dilaksanakan secara hybrid (offline dan online), diprediksi puluhan ribu umat Buddha dari dalam maupun luar negeri akan hadir di Candi Borobudur untuk merayakan Waisak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres