652 Calon Jamaah Haji di Purworejo Bakal Diberangkatkan Tahun Ini, Kantor Kemenag Fasilitasi Manasik

652 Calon Jamaah Haji di Purworejo Bakal Diberangkatkan Tahun Ini, Kantor Kemenag Fasilitasi Manasik

MANASIK HAJI. Ratusan calon jamaah haji mengikuti Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Purworejo tahun 1445 H/2024 M yang diselenggarakan Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo di Ganesha Convention Hall.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO,MAGELANGEKSPRES- Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri sekaligus membuka Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Purworejo tahun 1445 H/2024 M yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purworejo, Senin (22/4) di Ganesha Convention Hall.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kemenag H Aziz Muslim MpdI, Ketua MUI KH Ahmad AK SpdI, Ketua FKUB Khabib Sholeh, Kepala APRI Muhwazir SAg, Kabag Kesra Andang Nugerahetara Sutrisno SSTP MAcc, Kabag Prokopim Anas Naryadi SH MM, dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati merasa sangat bangga dan turut berbahagia karena para calon haji telah terpanggil menjadi tamu Allah SWT  dan telah niat serta mendapatkan porsi untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

BACA JUGA:Tak Lunasi Biaya Haji, 40 Calhaj Asal Kabupaten Magelang Batal Berangkat

Menurutnya, ke-Islaman seseorang dapat dikatakan sempurna apabila telah menyatakan syahadat, mendirikan sholat, berpuasa Ramadhan, membayar zakat dan menunaikan ibadah haji.

“Berbeda dengan rukun Islam lainnya, ibadah haji menuntut sejumlah syarat yang cukup berat yang harus dipenuhi. Dan syarat yang paling mendasar adalah mampu, baik secara fisik, psikis maupun biaya, serta memperoleh porsi haji,” katanya.

Bupati menjelaskan, pada tahun ini calon jamaah haji Kabupaten Purworejo berjumlah 652 orang yang akan terbagi dalam kloter 5, 6 dan 7.

Para calon jamaah haji akan didampingi oleh Petugas Haji Daerah (PHD) yang berjumlah 4 orang serta 2 orang Pembimbing KBIHU, yang akan melayani dan membimbing seluruh jamaah selama proses pelaksanaan ibadah haji.

BACA JUGA:Puluhan Seniman Purworejo Angkat Keteladanan RA Kartini dalam Art Wor

“Saya berharap, pelaksanaan ibadah haji, mulai dari manasik hingga berangkat haji dan pulang kembali ke tanah air, dapat berjalan dengan lancar, aman, selamat, serta bisa membawa predikat sebagai haji mabrur dan mabruroh,” harapnya.

Sementara itu, Kakan Kemenag selaku penyelenggara menambahkan, tujuan manasik haji tahun 1445 H/2024 M adalah meningkatkan kemandirian dan ketahanan jamaah haji.

"Selain itu juga meningkatkan kemampuan jemaah haji untuk menunaikan ibadah haji sesuai syariat islam dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," terangnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres