Shalat Sunnah Wudhu, Amalan Ringan Jadi Investasi ke Surga

Shalat Sunnah Wudhu, Amalan Ringan Jadi Investasi ke Surga

Shalat Sunnah Wudhu, Amalan Ringan Jadi Investasi ke Surga--

MAGELANG EKSPRES-Ada amalan ringan yang mudah dikerjakan. Setiap Muslim yang sehat mampu mengerjakan amalan ini.

Apa amalan ringan yang dimaksud? Yakni shalat sunnah wudhu, dilakukan setiap kali bada wudhu. Artinya setiap selesai wudhu kita bisa mengerjakan shalat sunnah wudhu.

Bagi yang senantiasa mengerjakan shalat sunnah dua rakaat tersebut secara ikhlas maka Allah bakal menjamin surga. Sungguh ringan bukan? Maka niatkan mulai sekarang sebagai investasi ke surga.

BACA JUGA:Basahi Lisan Anda dengan

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir Al-Juhaniy radhiyallahu ‘anhu, ia berkatabahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ يُقْبِل بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

“Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga.” (HR. Muslim, no. 234)

Dalam hadist lain, dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian berdiri melaksanakan dua rakaat dengan tidak mengucapkan pada dirinya (konsentrasi ketika shalat), maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, no. 160 dan Muslim, no. 22)

Nasehat Para Ulama

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan, “Di dalamnya ada anjuran shalat dua rakaat setelah berwudhu.”

Imam Nawawi rahimahullah berkomentar, “Dianjurkan dua rakaat setelah wudhu karena ada hadits shahih tentang itu.” (Al-Majmu Syarh Al-Muhadzab, 3:545)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan, “Dianjurkan shalat dua rakaat setelah berwudhu meskipun pada waktu yang dilarang untuk shalat, hal itu dikatakan oleh Syafi’iyyah.” (Al-Fatawa Al-Kubra, 5:345)

BACA JUGA:Beberapa Amalan Ringan bagi Orang yang Sibuk untuk Bekal Akhirat

Zakariya Al-Anshari dalam kitab ‘Asna Al-Mathalib (1:44) mengatakan, “Dianjurkan bagi yang berwudhu, shalat dua rakaat setelah wudhu pada waktu kapan pun.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: