Kasus Narkoba Kabupaten Magelang Meningkat dari Tahun ke Tahun

Kasus Narkoba Kabupaten Magelang Meningkat dari Tahun ke Tahun

KBO Sat Narkoba Polresta Magelang Ipda Adhe Purwanto (Baju Putih)-Hendri Saputra-Magelang Ekspres

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES- Kasus Narkoba di Kabupaten Magelang pada tahun 2022 telah mencapai 42 kasus dengan 56 tersangka di dalamnya.

Kemudian pada tahun 2023, 43 kasus dengan 70 tersangka, dan hingga pertengahan tahun 2024 ini telah mencapai  27 kasus dengan 38 orang menjadi tersangka.

KBO Sat Narkoba Polresta Magelang Ipda Adhe Purwanto menjelaskan bahwa ada kenaikan terkait jumlah kasus maupun tersangka di 3 tahun terakhir.

“Dari setiap tahun pasti terus bertambah, di tahun 2022 ke 2023 bertambah lumayan tinggi,” terangnya.

BACA JUGA:Kurir Narkoba Asal Magelang dengan Nilai Rp5 Miliar Berhasil Dibekuk

Dirinya juga berucap bahwa satnarkoba bekerja sesuai anggaran yang ada. Sebagai contoh di tahun 2022 anggaran sekitar Rp500 juta, anggaran habis dalam waktu 10 bulan.

“Habis anggaran ini kami di bulan-bulan berikutnya keteteran untuk penanganan kasusnya, karena anggarannya sudah habis di bulan ke 10, kasus narkoba lumayan banyak, jadi anggaran juga terkuras habis,” pungkasnya.

Dalam penanganan serta meminimalisir kasus narkoba yang semakin banyak KBO Sat Narkoba Polresta Magelang Ipda Adhe Purwanto menjelaskan bahwa pihaknya  selain melakukan penegakan hukum, dirinya melakukan pembinaan langsung kepada masyarakat.

“Penegakan hukum itu cara terakhir, cara pertama kami terus melakukan pembinaan, kegiatan ini kami melakukan pembinaan secara rutin setiap hari Selasa dan Kamis kita ngisi di Fast FM, Gemilang FM, Merapi FM, sekolah dan instansi pemerintah,” ungkapnya.

BACA JUGA:Polresta Magelang Berhasil Meringkus 4 Tersangka Pengedar Narkoba, 25.800 Butir Pil Sapi Diamankan

“Pembinaan ini kami lakukan melihat kondisi yang semakin banyaknya pengedar dan pengguna di Kabupaten Magelang, serta kurangnya partisipasi dari masyarakat untuk ikut andil dalam penanganan narkoba atau sadar dengan bahayanya narkoba. Kita juga mengutamakan orang tua untuk pembinaan, hal ini supaya orang tua tau anaknya memakai narkoba atau tidak,” imbuhnya.

KBO Sat Narkoba Polresta Magelang Ipda Adhe Purwanto menerangkan telah membentuk l 18 kampung tangguh bersinar tapi belum mencapai hasil yang maksimal untuk meminimalisir narkoba.

KBO Sat Narkoba Polresta Magelang Ipda Adhe Purwanto menyayangkan Masih kurangnya untuk pihak-pihak terkait untuk turun ke bawah, dari dewan pun masih kurang turun ke bawah, kemudian dari LSM pun belum ada.

BACA JUGA:Polresta Magelang Mengungkap 7 Kasus Narkoba, 10 Tersangka Diamankan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres