Nasehat Berharga dari Ustadz Syafiq Riza Basalamah kepada Para Pemimpin Negeri Ini

Nasehat Berharga dari Ustadz Syafiq Riza Basalamah kepada Para Pemimpin Negeri Ini

Nasehat Berharga dari Ustadz Syafiq Riza Basalamah kepada Para Pemimpin Negeri Ini --

MAGELANG EKSPRES- Nasehat berharga dari Ustadz Syafiq Riza Basalamah kepada para pemimpin di negeri ini. Setiap pemimpin kelak akan dimintai pertanggungjawabannya di hari kiamat.

Kalau bicara kepemimpinan di sebuah negeri, maka bukan hanya mengurusi urusan dunia, urusan agama pun akan ditanya.

Apakah rakyatnya shalat apa tidak, rakyatnya taat sama Allah atau bermaksiat.

"Mereka akan ditanya apa yang dikerjakan selama engkau duduk menjadi pemimpin, "ungkapnya.

Disebutkan, setiap pemimpin, pemerintah akan bertanggung jawab atas apa yang dia pimpin. Ketika seseorang menjadi pejabat, di bawah  ada banyak orang yang menjadi tanggung jawabnya. Kelak mereka akan ditanya sama Allah Subhanahu wa Ta'ala.

BACA JUGA:Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah tentang Golongan Orang yang Diharamkan dari Api Neraka

"Kepala desa, yang kita tahu orang sekarang berebut untuk jadi kepala desa, jadi RT pun sudah mulai ada rebutan. Kepala desa, bupati, gubernur, presiden, ada ambisi. Tolong engkau sadari, engkau akan ditanya oleh Allah 'Azza wa Jalla atas semua yang di bawah pimpinanmu. Apakah engkau telah melaksanakan amanah tersebut? Apakah mereka yang di bawahmu hidupnya makmur sentosa? Apakah engkau telah mengenalkan kepada mereka tentang Allah 'Azza wa Jalla?"

Disebutkan dalam hadits, bahwa Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma  bertutur, "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Setiap kalian adalah pemimpin dan tiap-tiap kalian ditanya (bertanggung jawab) atas kepemimpinannya.

Seorang penguasa adalah pemimpin dan dia akan ditanya tentang kepemimpinannya. Seorang laki-laki adalah pemimpin dalam keluarganya dan dia akan bertanggung jawab terhadap kepemimpinannya.

Seorang wanita adalah pemimpin di rumah suami dan dia bertanggung jawab terhadap kepemimpinannya. Seorang pembantu adalah pemimpin dalam menjaga harta tuannya dan dia bertanggung jawab terhadap kepemimpinannya. Maka setiap kalian semua adalah pemimpin dan tiap-tiap dari kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya'." (Muttafaqun 'alaih)

BACA JUGA:Utang Menghalangi Orang Masuk Surga, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah yang Mati Syahid pun Tertunda...

Ustadz Syafiq Riza Basalamah menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam memulai haditsnya dengan, "Setiap kalian pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang dia pimpin."

Dan menutup dengan, "Setiap kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang dia pimpin."

Ketika kita memahami hadits ini, sadar dengan beban yang kita emban. Apa pun posisi kita, maka insyaaAllah orang akan bekerja di muka bumi ini dengan dedikasi yang sangat tinggi. Ada integritas di diri kita dengan amanah yang kita pegang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: