Seri Berbuat Baik #2, Jangan Membentak Orang Tua, Walaupun Dengan Perkataan

Seri Berbuat Baik #2, Jangan Membentak Orang Tua, Walaupun Dengan Perkataan

Seri Berbuat Baik #2, Jangan Membentak Orang Tua, Walaupun Dengan Perkataan "ah"--

Ada pertanyaan-pertanyaan yang muncul, bagaimana kalau orang tua kita  mencampakkan, menyakiti dan harus ikut nenek. Bisa sekolah pun harus bekerja sendiri. Sekarang sukses, orang tua  mau sama kita. Lalu, bagaimana sikap kita?

Ustadz Syafiq menjelaskan, itulah kesempatan kita berbakti pada orang tua. Meski kita menganggap orang tua tidak pernah berbuat baik pada kita.

Coba renungkan! Engkau ada, engkau sekarang bisa berbicara, itu hasil kerja orang tuamu.

Ketika orang tua memerintahkan kepada kesyirikan, kita enggak taat. Tapi berbuat baik? Tetap berbuat baik kepada orang tua!"

Wasiat Allah Ketika Orang Tua Kita Sudah Tua

Allah Ta'ala selalu menyandingkan perintah agar kita menyembah Allah dan berbuat baik kepada orang tua. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut maka kita dilarang membentak. Walaupun hanya dengan perkataan "ah". Kita diperintahkan mengucapkan perkataan yang baik dan tak menyakiti keduanya.

Allah Ta'ala berfirman,

{ وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا ۞ وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا ۞ }

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, 'Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil'." (QS. Al-Isra': 23-24)

BACA JUGA:Doa Menghapus Nama Kita dan Orang Tua dari Api Neraka yang Diajarkan Ustadz Khalid Basalamah

Menurut Ustadz Syafiq, selain diperintahkan berbuat baik kepada orang tua, Allah detailkan, tentang bagaimana kita berbuat baik kepada orang tua.

Ada wasiat Allah tatkala orang tua kita sudah sepuh. Kenapa Allah lebih tekankan lagi tatkala orang tua kita sudah sepuh? "Tatkala kita masih kecil, orang tua kita masih muda, orang tua kita masih bisa memberikan nafkah kepada kita.

Dia yang gendong kita, dia yang menyuapkan makanan sama kita, dia yang mengantarkan kita sekolah, dia yang jemput kita dari sekolah, dia yang membiayai semua keperluan kita. Kita masih kecil.

Sekarang, kita sudah menjadi orang tua, dapat melihat, ketika anak-anak masih kecil. Mereka masih perlu sama kita. Mereka sekolah, kita yang biayai.

Kita juga yang membelikan pakaian. Tempat tinggal mereka, kebutuhan mereka di rumah, kasur mereka, bantal mereka, seprai mereka, buku-buku mereka, tas mereka, baju, sepatu, kaus kaki, semua menjadi tanggung jawab kita sebagai orang tua."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: