SMP Mutual Kota Magelang Kenalkan Wayang Siladan dan Tari Soreng di 3 Negara

SMP Mutual Kota Magelang Kenalkan Wayang Siladan dan Tari Soreng di 3 Negara

PENAMPILAN. Siswa SMP Mutual saat mengikuti kegiatan International Student Festival (ISF) yang berlangsung di tiga negara ASEAN beberapa waktu lalu.-Istimewa-Magelang Ekspres

MAGELANG SELATAN, MAGELANGEKSPRES - Sebanyak 30 siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengikuti kegiatan International Student Festival (ISF) yang berlangsung di tiga negara ASEAN, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Kegiatan ini berlangsung selama 3-9 Agustus 2024 dengan didampingi 5 pendamping.

Dalam kegiatan ini, para siswa mengikuti lomba-lomba dan juga bertandang ke sekolah-sekolah terbaik di negara tersebut sebagai bagian dari study tiru.

BACA JUGA:Program ISF, 33 Siswa SMP Mutual Kota Magelang Kunjungi Tiga Negara

Selain itu, para siswa pasti akan menemukan budaya-budaya baru yang tentu harus diambil secara positif.

Dalam acara ini, rombongan dari SMP Mutual juga mengenalkan berbagai warisan budaya Indonesia. Diantaranya mengenalkan Wayang Siladan dan Tari Sorengan.

Wayang Siladan merupakan warisan budaya masyarakat Borobudur Magelang. Wayang ini berbeda dari wayang pada umumnya.

Karakternya bebas. Dibuat dari belahan bambu kecil-kecil. Sedangkan Soreng merupakan tari khas dari masyarakat lereng gunung Merbabu sebagai bukti kesyukuran para petani yang mendapatkan tanah yang subur dari sang Ilahi.

BACA JUGA:Keren!! Siswa SMP Mutual Kota Magelang Raih Juara II Desain Busana Batik Ecoprint

Wasi’un, MPd, kepala SMP Mutual Kota Magelang merasa bangga turut mengenalkan budaya Indonesia ke mancanegara.

Ini sebagai wujud cinta tanah air untuk mengenalkan budaya Indonesia ke masyarakat luas. Tidak hanya di tingkat nasional, namun sampai international.

“Terimakasih saya sampaikan atas dukungan orang tua sehingga anak-anak bisa mengikuti ISF 2024 di tiga negara. Semoga nantinya membawa banyak manfaat yang bersifat positif sehingga dapat  menginspirasi teman yang lainnya,” ujar Wasi’un.

Salah satu siswa yang berpartisipasi, Tsabitaa Aila Zawwa dari Kelas IX Amru Bin Ash, merasa senang dan bahagia bisa membawa kebudayaan Indonesia ke luar negeri.

BACA JUGA:SMP Mutual Kota Magelang Eratkan Persaudaraan dan Tanamkan Soft Skill Lewat Outbound

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres