Panwascam Dukun Magelang Perketat Pengawasan Pengumuman DPS

Panwascam Dukun Magelang Perketat Pengawasan Pengumuman DPS

PENGAWASAN. Panwascam Dukun secara teliti melihat pengumuman DPS di sejumlah desa, Selasa (20/8).-Magelang Ekspres-Panwascam Dukun Magelang

Kabupaten Magelang, Magelang Ekspres - Jajaran Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Dukun melakukan pencermatan Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 sudah dimulai sejak Minggu, 18 Agustus 2024 lalu.

Ariyanto Ketua Panwascam Dukun sekaligus Kordiv SDM, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan, Data dan Informasi mengatakan pengawasan DPS di Kecamatan Dukun dilakukan secara seksama. Dilakukan sejak  DPS mulai diumumkan 18 Agustus 2024 lalu.

“Jajaran kami di tingkat desa yakni Pengawas Desa atau Kelurahan (PKD) melakukan pengawasan pengumuman DPS yang dilakukan oleh jajaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa,” katanya saat ditemui, Selasa (20/8).

Upaya pengawasan dan pencegah dilakukan oleh jajaran pengawas saat pengumuman DPS. Di mana pengumumam dilakukan dengan menempelkan DPS di sejumlah titik strategis di TPS.

“Jadi kita lakukan saat penempelan DPS. Jadi kita tahu di mana dan apakah lokasinya sesuai atau memperhatikan sisi manfaat, keamanan, dan mudah diakses. Pencegahan sendiri dilakukan agar pengumuman DPS tidak melewati batas waktu yang ditentukan dan selama 10 hari ke depan dari tanggal 18 Agustus 2024,” imbuhnya.

Sementara, Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Panwascam Dukun, Bayu Sapta Nugraha menambahkan setelah penempelan DPS tersebut jajaran Panwascam akan melakukan pengawasan terhadap isi DPS.

“Nanti kita bersama-sama akan mengecek DPS yang sudah ditetapkan KPU dan diumumkan. Kita akan cermati Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS), Pemilih Memenuhi Syarat (MS), serta elemen data,” katanya.

Nantinya, temuan tersebut akan diberikan saran perbaikan (Saper) ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dukun untuk ditindaklanjuti.

“Ya secara tidak langsung kita membantu mencermati DPS. Dengan harapan kedepan menghasilkan DPT yang berkualitas,” tegasnya.

Sedangkan kata Ignatius Eri Handioyo selaku Kordiv Penanganan, Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa (PP PS) Panwascam Dukun menambahkan bahwa pihaknya juga akan melakukan pemetaan potensi potensi pelanggaran di tahapan 10 hari ini.

“Kami akan petakan dan akan terus kami awasi. Misal kemarin satu hari setelah penempelan DPS di papan pengumuman ada yang terlepas semua. Lokasinya di papan pengumuman Desa Sengi, dan sudah diamankan oleh PKD yang mengetahui hal itu dan berkoordinasi dengan PPS untuk memasang kembali,” paparnya.

Ignatius berharap pada tahapan kali ini atau keseluruhan dalam Pilkada 2024 tidak terjadi pelanggaran yang cukup serius.

“Upaya pendidikan politik dan pencegahan pelanggaran untuk meminimalisir terus kami lakukan. Semoga kedepan Pilkada berjalan lancar dan Dukun tetap rukun,” harapnya. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: panwascam dukun magelang