Tiga Bapaslon Bupati - Wakil Bupati Temanggung Dinyatakan Bebas Narkoba

Tiga Bapaslon Bupati - Wakil Bupati Temanggung Dinyatakan Bebas Narkoba

WAWANCARA. Ketua KPU Temanggung Hendry Sofyan Rois saat diwawancarai awak media.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM - Tiga bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati Temanggung dinyatakan tidak terindikasi penyalahgunaan narkoba.

Ketiganya dipastikan akan bertarung pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung pada November 2024 mendatang.

Selain lolos penyalahgunaan narkoba, kata Ketua Komisi pemilihan umum (KPU) Temanggung, Hendry Sofyan Rois, ketiga balon yakni Agus Setyawan dan Nadia Muna, Heri Ibnu Wibowo dan Fuad Hidayat serta M Al Khadziq dan Bimo Alugoro juga dinyatakan lolos tes kesehatan.

BACA JUGA:Belum Dapat Sosialisasi, Petani Tembakau di Temanggung Belum Paham PP 28/2024

Ia mengatakan, tes kesehatan untuk ketiga balon ini dilakukan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, Jawa Tengah. Ketiganya menjalani tes kesehatan, mulai 31 Agustus hingga 2 September 2024.

"Ketiganya tidak terindikasi penyalahgunaan narkoba," tegas Hendry Selasa 3 September 2024.

Sebagaimana diketahui ketiga balon tersebut yakni pasangan Agus Setyawan-Nadia Muna (PDI Perjuangan, PPP, Hanura, dan PKS), pasangan Heri Ibnu Wibowo-Fuad Hidayat (Partai Gerindra, PKB, Partai Demokrat, dan PSI), dan pasangan Muhammad Al Khadziq-Bimo Alugoro (Partai Golkar, PAN, dan Partai NasDem).

"Berkas pendaftaran sudah diterima saat pendaftaran pada 28 Agustus 2024 lalu," jelasnya.

BACA JUGA:Puncak HUT RI dan HUT Temanggung, Ratusan Seniman Meriahkan TNC

Untuk pemeriksaan psikologi berbentuk psikotes, kata Henry, pelaksanaannya secara bersama-sama. Dengan demikian, tidak hanya calon peserta pilkada dari Temanggung, tetapi juga dari Klaten, Kota Magelang, dan Purworejo di satu ruangan.

Dijelaskan pula bahwa pemeriksaan kesehatan fisik dan narkoba itu secara bergantian di sejumlah ruangan.

"Hasil tes kesehatan tiga bakal pasangan calon Pilkada Temanggung itu baru kami terima hari ini. Tes tersebut meliputi kesehatan fisik, psikologi, dan penyalahgunaan narkotika," katanya.

Henry mengemukakan bahwa tim kesehatan RSUP Soeradji Tirtonegoro menyimpulkan tiga pasangan calon peserta pilkada yang melakukan pemeriksaan untuk kesehatan jasmani dan rohani dianggap mampu.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres