KPU Angkat Tema 'Tata Kelola Pemerintahan' di Debat Perdana Pilkada Purworejo

KPU Angkat Tema 'Tata Kelola Pemerintahan' di Debat Perdana Pilkada Purworejo

DEBAT. Ketua KPU Purworejo memberikan keterangan terkait penyelenggaraan Debat Perdana.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO,MAGELANGEKSPRES.COM - KPU Kabupaten Purworejo mengangkat tema "Tata Kelola Pemerintahan yang Baik" dalam Debat Publik atau Debat Terbuka Antar Paslon Bupati dan Wakil Bupati Purworejo.

Debat publik perdana itu akan digelar di Ganesha Convention Hall (GCH) pada Selasa (29/10) pukul 13.00 WIB.

Tema tersebut merupakan hasil rumusan dari Tim Perumus yang dibentuk KPU Purworejo.

BACA JUGA:Formasi Pimpinan DPRD Purworejo Lengkap, Estri Utami Setyowati Jabat Wakil Ketua

"Tim Perumus membantu KPU merancang debat publik antar paslon, mulai konsep hingga tema," kata Ketua KPU Purworejo Jarot Sarwosambodo, Senin (28/10).

Tim perumus yang terdiri atas unsur akademisi, profesional, dan tokoh masyarakat itu menelaah dokumen visi misi paslon dan naskah teknokratik Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Purworejo 2025 - 2045.

Selain itu, KPU Purworejo juga memfasilitasi pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) untuk menampung aspirasi berbagai elemen masyarakat. KPU juga menjaring usulan isu strategis yang akan dirumuskan menjadi tema debat melalui tautan yang diumumkan pada media sosial resmi lembaga.

"Dokumen tema, visi misi paslon, serta RPJPD Purworejo disampaikan kepada tim panelis untuk dasar menyusun pertanyaan," jelasnya.

BACA JUGA:DPRD Purworejo Berusia 76 Tahun, Peringatan Hari Jadi Angkat Tema

Menurutnya, debat sudah dipersiapkan dengan matang sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam PKPU 13 Tahun 2024 dan Keputusan KPU RI Nomor 1363 Tahun 2024.

Regulasi itu mengatur antara lain durasi debat yang paling lama 180 menit, dengan rincian 150 menit untuk segmen debat publik dan 30 menit jeda iklan layanan masyarakat.

"Untuk Purworejo dengan dua paslon, sesuai arahan pimpinan, debatnya paling lama 150 menit, dengan rincian 120 menit debat dan 30 menit iklan tahapan Pemilihan," terangnya.

Debat akan dilaksanakan dalam enam segmen atau babak. Terdiri atas pembukaan, pendalaman visi misi dan program, pertanyaan dan sanggahan antar pasangan calon, serta penutup. Debat tersebut akan disiarkan langsung oleh LPP TVRI Yogyakarta, akun YouTube KPU Purworejo, serta radio di Purworejo.

Pihak KPU Purworejo mengimbau pendukung pasangan calon untuk menyaksikan debat tersebut melalui siaran televisi, kanal YouTube, atau menyimak siaran radio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres