Boyongan Pedagang Pasar Induk Wonosobo pada 24 Juli Gagal

Boyongan Pedagang Pasar Induk Wonosobo pada 24 Juli Gagal

PASAR. Rencana boyongan pedagang pasar induk pada tanggal 24 Juli 2022 dituding gagal total.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)-Pemkab Wonosobo-Magelangekspres.com

WONOSOBO- Rencana boyongan pedagang Pasar Induk Wonosobo pada tanggal 24 Juli 2022, bersamaan dengan puncak peringatan HUT Wonosobo ke 197 dituding  gagal total. Hal tersebut menyusul ketidaksiapan pedagang untuk menggunakan lokasi pasar yang baru.

“Tanggal 24 Juli itu konsepsi kita sudah selesai. Tapi, pedagang menawar, terkait muatan lokal, yaitu penempatan akan diatur diantara mereka sendiri. Sehingga, saat ini kita memberi batas waktu maksimal yaitu tanggal 7 Agustus 2022,” ungkap Kepala Disdagkop UKM, Bagyo Sarastono, kemarin.

Menurutnya, pedagang kembali diberi waktu hingga tanggal 7 Agustus 2022 untuk boyongan masuk ke dalam pasar. Sebab, sehari setelah tanggal itu akan dilakukan pembongkaran lapak . Diharapkan tanggal tersebut semua sudah mengetahui kondisi lapaknya masing masing.

“Secara hitungan jika sesuai dengan perencanaan 100 persen kios dan los sudah tidak ada masalah. Hanya karena masih ada beberapa pertimbangan, seperti posisi dan lokasi yang diinginkan para pedagang,” katanya.

Dijelaskan, untuk konsep penempatan yang digunakan merupakan hasil dari kompromi antara pemkab dengan pedagang dan PPPIW ,tapi zonasi harus tetap dilakukan sesuai dengan peraturan bupati.

“Saat ini dari empat lantai,  jumlah lantai satu sebanyak 800 sampai 1000, lantai dua berjumlah 600 pedagang dan lantai tiga 300 dan lantai empat 400 pedagang,” tandasnya.

Dikatakan bahwa untuk pembongkaran los atau kios diatur di per, yang akan bongkar harus ajukan izin tertulis kepada pemerintah melalui Disdagkop UMKM. Selanjutnya  akan dilakukan kajian, jika memang memenuhi syarat akan  diperbolehkan. Tapi bongkarannya wajib diberikan kepada pemerintah.

“Pedagang yang akan membongkar kios harus ajukan izin. Kalau tidak ya kita hentikan. Bentuknya masih tetap seperti itu hanya pembongkaran antara los satu dan los yang lainnya,” terangnya.

Sebagaimana diketahui pada tanggal 1 Juli 2022 silam, Bupati Wonosobo menargetkan tanggal 24 Juli 2022 semua pedagang semua pedagang Pasar Induk Wonosobo  sudah bisa menempati semua tempat yang disediakan. Hal ini sebagai hadiah istimewa Peringatan Hari Jadi Wonosobo Tahun 2022.

Hal tersebut dilihat dari aspek regulasi yang harus disepakati bersama antara Pemkab Wonosobo dengan semua pedagang, serta penyerahan simbolis Kartu Penempatan Pedagang (KPP) di Atrium Pasar Induk Wonosobo. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com