Bekali Calon Pemimpin Organisasi, SMA Negeri 5 Magelang Gelar LDKS

Bekali Calon Pemimpin Organisasi, SMA Negeri 5 Magelang Gelar LDKS

LDKS. SMA Negeri 5 Magelang menggelar LDKS untuk melatih jiwa kepemimpinan organisasi di sekolah tersebut, kemarin.(foto : dok/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Dalam mempersiapkan dan membekali calon-calon pemimpin untuk menjalankan unit organisasi di tingkat sekolah, SMA Negeri 5 Magelang menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di lingkungan sekolah SMA Negeri 5 Magelang pada tanggal 14-15 Oktober 2022.

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 200 peserta termasuk siswa, guru, panitia LDKS, dan pemateri dilaksanakan dengan lancar dan terorganisir dengan baik.

Fitria Eva Yulianti selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menyebutkan bahwa acara LDKS tersebut bertujuan untuk mempersiapkan calon pengurus organisasi di semua unit organisasi sekolah.

“Ini menjadi alasan kenapa semua siswa diikutkan dalam kegiatan ini, nantinya siswa tersebut dapat menjadi pemimpin yang baik dari organisasi terkecil mulai dari rumah, sekolah hingga dikembalikan ke masyarakat,” tutur Eva.

Sebagai lembaga pendidikan yang memfasilitasi pembentukan karakter siswa, SMA Negeri 5 Magelang diketahui bekerja sama dengan seluruh elemen, baik dari pihak internal maupun eksternal untuk mendukung kegiatan positif tersebut.

“Pemateri dari kegiatan LDKS ini dibagi menjadi dua, untuk materi umum seperti kepemimpinan, manajemen organisasi, kesekretariatan, dan public speaking diisi dari kepala sekolah dan bapak ibu guru SMA Negeri 5 Magelang," katanya.

Selain itu, untuk pembekalan materi pihaknya menjalin kerja sama dengan pemateri dari luar sekolah. Hal ini supaya pembelajaran dan ilmu yang disalurkan ke siswa lebih maksimal.

Tidak hanya itu, peserta LDKS SMA Negeri 5 Magelang turut dibekali dengan kegiatan outbound yang diisi oleh trainer profesional. Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi sarana untuk memacu  jiwa kepemimpinan dan kekompakan antar-siswa.

"Kami berkeinginan dengan kegiatan LDKS ini nantinya pengurus organisasi dalam menjadi pribadi yang baik, tersusun proker-proker yang terkoordinir dan dilaksanakan dengan baik oleh seluruh unit organisasi,” imbuh Waka Kesiswaan SMA Negeri 5 Magelang tersebut.

Salah satu Ketua Organisasi Jurnalistik, Bernadetta Lorin Antono menyebutkan bahwa kegiatan LDKS yang dilaksanakan menjadi bekal bagi anggota organisasi selanjutnya. Materi-materi yang diberikan secara rinci agar pengurus selanjutnya lebih siap dan berkompeten.

“Harapan untuk adik kelas agar tetap mempertahankan organisasi, peminat dari organisasi makin banyak, proker-proker lebih dikemas menarik dan bisa dikolaborasikan dengan organisasi lain,” ungkap Lorin.

Rencananya setelah kegiatan LDKS selesai dilaksanakan, SMA Negeri 5 Magelang akan mengadakan pemilihan ketua OSIS. Nantinya seluruh calon pengurus organisasi tersebut akan dilantik bertepatan pada hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com