Siswa SDN Banyurojo 1 Mertoyudan Jalankan P5, Usai PAS Diajak Berkebun

Siswa SDN Banyurojo 1 Mertoyudan Jalankan P5, Usai PAS Diajak Berkebun

BERKEBUN. Siswa SD Negeri Banyurojo 1 berkebun dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pot, dilingkungan sekolah. (foto: candra yoga kusuma/magelang ekspres)--

MAGELANG, MAGELANGEKSPES.DISWAY.ID - Setelah melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) 1 Tahun Pelajaran 2022/2023, siswa SD Negeri (SDN) Banyurojo 1 Mertoyudan, Magelang, diajak dan diajarkan oleh guru-guru untuk berkebun.

Implementasinya, dengan menanam sayur-sayuran menggunakan media pot dari barang bekas, yaitu botol dan plastik.

Kepala SDN Banyurojo 1 Anatri Andayani, S.Pd. SD mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu pelaksanaan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan.

Tujuannya antara lain, peserta didik dapat memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya.

Peserta didik juga dapat membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.

"Dalam kegiatan ini para peserta didik diajarkan untuk dapat memanfaatkan sampah bekas menjadi barang yang bisa bermanfaat," ucap Anatri.

Sementara itu salah satu guru SDN Banyurojo 1 Ferry Endrian, S.Pd mengatakan, dalam pembelajaran saat ini sudah tidak lagi anak-anak belajar yang berpusat pada akademis saja.

Tetapi, guru harus lebih jeli melihat potensi, bakat, minat dan karakter peserta didik dengan melakukan kegiatan pembelajaran yang memberikan pengalaman bermakna kepada para peserta didik.

"Karena justru melalui kegiatan yang nyata dan pembelajaran berbasis projek akan menolong mereka di masa akan datang," jelas Ferry.

Ferry menambahkan bahwa Profil Pelajar Pancasila adalah Pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. (adv/cha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: