550 Rumah di 11 Desa di Temanggung Bakal Dapat Bantuan SPALD-S

550 Rumah di 11 Desa di Temanggung Bakal Dapat Bantuan SPALD-S

Kepala DPRKPLH Temanggung Hendra Sumaryana. (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)-DPRKPLH Temanggung -magelangekspres.id

TEMANGGUNG,MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Temanggung akan terus berupaya meningkatkan kualitas alam dan lingkungan, selain melakukan penanaman pohon, juga akan dilakukan pembangunan sistem pengelolaan air limbah.

"Banyak sekali program untuk peningkatan lingkungan dan alam, program-program ini memang menjadi prioritas utama dalam pembangunan Temanggung ke depan," kata Kepala Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana, Selasa 17 Januari 2023.

Ia mengatakan, untuk tahun 2023 ini pihaknya mendapatkan bantuan pembangunan sistem pengelolaan air limbah domestik setempat (SPALD-S), setidaknya bantuan ini akan diberikan kepada 550 rumah di Temanggung.

"Alhamdulillah tahun ini ada bantuan khusus untuk peningkatan lingkungan," terangnya.

Pembangunan SPALD-S akan dibangun di Desa Traji Kecamatan Parakan, Desa Mranggen Kidul Kecamatan Bansari, Desa Bansari Kecamatan Bansari, dan Desa Purborejo Kecamatan Bansari.

Kemudian Desa Gilingsari Kecamatan Temanggung, Desa Pendowo Kecamatan Kranggan, Desa Kemloko Kecamatan Kranggan, Desa Wadas Kecamatan Kandangan, Desa Rowo Kecamatan Kandangan, Desa Katekan Kecamatan Ngadirejo, dan Desa Giripurno Kecamatan Ngadirejo.

"Masing-masing desa yang mendapat bantuan pembangunan SPALD-S minimal 50 rumah," katanya.

Ia menyampaikan bisa saja rumah tersebut sudah ada kamar mandi tetapi belum memiliki septic tank, maka dibuatkan septic tank.

"Nanti sisa dana bisa digunakan untuk rumah lainnya, sehingga satu desa bisa lebih dari 50 rumah mendapat bantuan dari Kementerian PUPR melalui Direktorat Sanitasi ini," katanya.

Ia mengatakan, DPRKPLH Kabupaten Temanggung tahun ini ada program untuk peningkatan kualitas lingkungan lewat program SPALD-S.

Ia menyebutkan program ini melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk 11 desa dengan target 550 sambungan rumah.  

"Program dari DAK ini dalam pelaksanaannya bersifat hibah kepada kelompok masyarakat," katanya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.id