Festival Balon Udara, Jurus Jitu Dongkrak Pariwisata Temanggung

Festival Balon Udara, Jurus Jitu Dongkrak Pariwisata Temanggung

Antusias masyarakat pada kemeriahan festival balon udara, diharapkan mampu mendongkrak pariwisata di Temanggung-FOTO : ISTIMEWA/MAGELANG EKSPRES-

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kemeriahan warna-warni balon udara tradisional pada festival balon udara di lapangan Kledung, Temanggung, 27-28 April 2023 pagi mampu menarik sejumlah wisatawan.

Festival balon yang diselenggarakan atas kerja sama Desa Kledung, Temanggung dengan Desa Reco, Wonosobo tersebut mampu menarik antusiasme masyarakat, baik masyarakat sekitar maupun pemudik untuk menyaksikan festival balon udara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, Saltiono Atmaji mengatakan, dengan digelarnya festival balon udara, diharapkan dapat semakin mengangkat potensi wisata di Kabupaten Temanggung.

BACA JUGA:Warna-Warni Balon Udara ala Cappadocia Hiasi Langit Temanggung

"Festival ini dapat menjadi promosi bagi sejumlah destinasi pariwisata di kawasan Kledung khususnya, dan Temanggung pada umumnya," ujar Saltiono, Jumat, 28 April 2023.

Sementara itu, Ketua panitia, Sulistiyono mengatakan, menerbangkan balon udara telah menjadi tradisi masyarakat dalam menyambut dan merayakan Idulfitri.

"Kami berusaha ikut meramaikan Lebaran dengan festival balon udara ini, barangkali ke depan Temanggung bisa lebih menerima dengan adanya kegiatan seperti ini," ucap Sulistiyono.

BACA JUGA:3 Wisata Embung di Temanggung ini Tawarkan Spot Foto Cantik, Ada Embung Kledung Lho!

Agar tidak membahayakan dan mengganggu lalu lintas udara, Sulistiyono menyebut, dalam penerbangannya balon udara ditambat menggunakan tali dengan ketinggian sekitar 70 meter.

"Kita menerbangkan balon-balon ini mengikuti aturan pemerintah, yakni diterbangkan dengan cara ditambat menggunakan tali dan tanpa adanya petasan," jelasnya.

BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Temanggung ini Menjanjikan Sunrise yang Eksotik, Ada Golden Sunrise Posong Lho!

Salah satu penonton, Fia Latifa (19) mengaku sangat antusias untuk menonton festival balon udara yang pertama kali digelar di Kabupaten Temanggung. Ia bersama teman-temannya sengaja datang dari Kedu hanya untuk menyaksikan festival tersebut.

"Senang sekali. Baru pertama kali juga di Temanggung. Kita emang sengaja dari Kedu langsung kesini buat nonton," katanya. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres