Bahaya Bermain HP Berlebihan Bagi Kesehatan dan Tipsnya Agar Tetap Aman

Bahaya Bermain HP Berlebihan Bagi Kesehatan dan Tipsnya Agar Tetap Aman

Bermain lama-lama menggunakan hp dengan aman-FOTO : TANGKAPAN LAYAR-ISTIMEWA

Apabila kebiasaan tersebut sering dilakukan, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas.

4. Menyebabkan Insomnia

Dampak bahaya main HP terlalu lama menyebabkan insomnia. Yakni gangguan kesehatan yang membuat penderita mengalami kesulitan untuk tidur.

BACA JUGA:Cuma Login Bisa Dapat Saldo DANA Rp 100Ribu

Penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru yang dihasilkan ponsel dapat menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai pengatur tidur. Sehingga akan berdampak pada ritme sirkadian pada tubuh.

5. Meningkatkan Depresi dan Gangguan Bipolar

Bahaya main HP berlebihan dapat meningkatkan risiko depresi dan gangguan bipolar. Hasil penelitian menemukan adanya hubungan antara penggunaan handphone sebelum tidur dengan penurunan adaptasi lingkungan di kemudian hari.

Setelah mengetahui bahaya main HP yang terlalu lama maka penulis akan menyampaikan tips aman main HP agar terhindar dari bahaya yang mengancam. Berikut tips aman main HP agar tehindar dari dampak negatif bagi Kesehatan :

1. Batasi Penggunaan HP

BACA JUGA:Ada Bantuan Rp1.400.000 dari Kartu Prakerja, Penerima Bansos Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Gunakan HP seperlunya saja. Kalau tidak perlu jauhi HP atau dibiarkan tetap stanby hanya untuk menunggu kalau ada yang memanggil.

2. Kurangi Cahaya di Layar HP

Untuk menghindari mata lelah maka kita harus mengurangi cahaya di layar HP, membersihkan layar secara rutin, menjaga jarak antara mata dan layar, serta membesarkan ukuran teks.

3. Hindari Penggunaan HP saat Berkendara atau Berjalan

Jika memang dianggap sangat perlu, sebaiknya berhentilah di tepi jalan sejenak untuk menjawab panggilan telepon atau membalas pesan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres